5 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang tinggi memicu munculnya berbagai penyakit. Tingginya kolesterol menjadi masalah yang serius bagi hampir seluruh penduduk di dunia. Beberapa penyebab tingginya kadar kolesterol adalah kebiasaan makan yang tidak sehat dan minimnya olahraga terutama mereka yang banyak mempunyai kesibukan.

Tidak semua kolesterol berdampak buruk, hanya kolesterol kategori LDL saja yang membahayakan bagi tubuh. Sedangkan kolesterol jenis HDL merupakan kolesterol yang baik. HDL dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kadar kolesterol dalam tubuh yang membahayakan dapat diturunkan dengan menjalan program kesehatan yang tidak mudah. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Namun kebanyakan makanan yang kita konsumsi mengandung kolesterol terlebih makanan yang digoreng atau makanan kemasan.

makanan penurun kolesterol

Berikut adalah 5 jenis makanan yang membantu menurunkan koleterol:

1. Gandum
Gandum merupakan menu makanan sehat untuk program diet. Gandum juga merupakan bahan makanan yang mudah ditemukan dan diolah menjadi makanan yang enak.

2. Sayuran
Lobak, bawang merah, bawang putih, mentimun, jamur, daun bawang, cabai, bawang merah, lokio adalah beberapa sayuran yang membantu mengurangi kolesterol. Terlebih sayuran hijau seperti bayam dan lainnya sangat berkontribusi besar dalam menurunkan kolesterol.

3. Alpukat dan zaitun
Alpukat, buah zaitun dan minyaknya melindungi tubuh terhadap penyakit jantung dan meningkatnya kolesterol. Minyak wijen, kemiri dan almond sangat baik bagi tubuh untuk menghindari masalah pada sistem peredaran darah (kardiovaskular).

4. Coklat
Tidak semua makanan sehat itu membosankan. Coklat dengan warna yang hitam gelap mengandung berbagai manfaat kesehatan. Salah satu manfaat coklat adalah untuk mengurangi kadar koleterol tinggi. Mengkonsumsi coklat beku tanpa tambahan pemanis sangat dianjurkan.

5. Buah-buahan dan kacang-kacangan
Dalam program diet, tidak lengkap jika anda tida memasukka buah-buahan dan kacang-kacangan dalam menu diet anda. Berbagai jenis buah sepeti jeruk, cranberry blueberry, delima dll dan juga kacang-kacangan seperti kemiri, almond dan kenari mempunyai peran yang baik dalam menurunkan kadar kolesterol.

Comments (2)

  1. zamroni ys 24/04/2013
  2. Tips Agar Asam Urat Cepat Sembuh 13/01/2015

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.