5 Makanan Penambah Darah

Makanan Penambah Darah – Kekurangan darah janganlah dianggap hal yang sepele terutama bagi wanita yang sedang diet. Kurangnya asupan nutrisi pada saat diet menyebabkan tingkat penurunan darah yang besar. Kekurangan sel darah merah (Hemoglobin) mempengaruhi kesehatan karena darah merah mengangkut zat makanan dan oksigen yang disebarkan ke seluruh tubuh. Jika sudah mengalami lemah, lesu, dan lelah bisa saja menjadi indikasi awal gejala dari anemia atau penyakit kekurangan darah.

Saat menderita anemia sebagai langkah awal sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan sehat. Selain suplemen penambah darah beberapa jenis makanan terbukti dapat menambah kadar darah bahkan lebih alami. Berikut adalah 5 jenis makanan penambah darah untuk penderita anemia.

Makanan Penambah Darah

tambah darah

1. Daging

Sudah bukan rahasia lagi jika daging dapat membantu meningkatkan jumlah darah. Selain meningkatkan hemoglobin daging juga kaya akan zat besi. Namun jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi daging karena dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Pilih daging rendah lemak disertai dengan diet yang seimbang.

2. Sayuran

Makanan penambah darah selanjutnya adalah sayuran. Namun tidak semua jenis sayuran meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. Berbagai jenis sayuran yang sangat baik untuk penderita anemia antara lain bayam, ubi, kacang merah, kacang polong hijau, sawi, lobak, kol, brokoli dan kentang. Ubi merupakan obat alami penyakit anemia dari sekian sayur yang Ada. Kandungan zat besi yang tinggi membantu mengaktifkan sel-sel merah dan menyuplai oksigen ke dalam darah.

3. Buah-buahan

Buah-buahan juga merupakan salah satu jenis makanan penambah darah. Buah-buahan tersebut adalah kismis, plum, apel, anggur dan melon. Buah-buahan tersebut membantu kelancaran aliran darah dan juga menambah jumlah sel darah merah. Buah limau dan jeruk juga menambah jumlah zat besi dalam tubuh yang baik untuk darah.

4. Kancang almond

Kacang-kacangan juga memabntu menambah jumlah darah dalam tubuh. Kacang almond dapat dijadikan sebagai cemilan sehat sekaligus sebagai obat anemia alami. 1 ons kacang almond yang dikonsumsi setiap hari dapat menyumbang 6 persen zat besi ke dalam tubuh.

5. Roti, Havermut, dan Sereal

Makanan penambah darah yang terakhir adalah makanan yang terbuat dari gandum yaitu Roti, Havermut, dan Sereal. Gandum mengandung banyak zat besi yang membantu mengurangi resiko terkena penyakit anemia. Mengkonsumsi ketiga makanan ini setiap hari memberikan zat besi sekitar 20 persen.

Selain mengkonsumsi makanan penambah darah diatas sebaiknya mulailah pola hidup yang sehat. Konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. Perhatikan juga asupan kalsium, kopi dan teh yang berlebihan karena menghalangi penyerapan zat besi. Demikian 5 jenis makanan penambah darah. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.