5 Khasiat Kacang Hijau bagi Kesehatan

Khasiat kacang hijau – Bubur kacang hijau merupakan salah satu makanan favorit bagi sebagian orang. Kacang hinau merupakan jenis tumbuhan palawajia yang banyak tumbuh di daerah tropis termasuk Indonesia. Kaacang hijau merupakan sumber makanan yang sehat karena banyak mengandung protein nabati yang sangat tinggi. Kacang hijau juga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi karena dapat dimanfaat dalam membuat berbagai makanan. Lalu apa saja khasiat kacang hijau bagi kesehatan?

Khasiat kacang hijau

kacang hijau

1. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Khasiat kacang hijau yang pertama adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang merupakan momok bagi setiap orang. Kacang hijau juga dikenal sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan karena kandungan serat makanan yang tinggi. Fungsi usus dan kinerja pencernaan menjadi lebih baik.

2. Mencegah kanker payudara

Dalam kacang hijau ditemukan zat yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Khasiat kacang hijau juga untuk mencegah terjadinya kanker payudara. Zat tersebut juga diketahui mampu mencegah formasi sel tumor.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh akan menjadi lebih baik jika Anda banyak memperoleh asupan protein. Kacang hijau adalah gudangnya protein yang mana sangat aman dikonsumsi dari pada daging. Alasannya adalah kandungan lemak dan kolesterol yang jauh lebih rendah daripada daging. Protein sangat penting untuk menunjang kekebalan tubuh. Protein juga dikenal dapat mencegah permasalahan pada rambut yaitu rambut rontok.

4. Mencegah diabetes

Kacang hijau mempunyai kadar indeks glikemik yang rendah. Dari penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi kacang hijau juga membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh. Jadi kacang hijau sangat baik dikonsumsi oleh pasien diabetes dan untuk siapa saja sebagai langkah pencegahan.

5. untuk kesehatan kulit dan rambut

Khasiat kacang hijau juga sangat bagus untuk kulit dan rambut. Kandungan proyein dan zat seng merupakan elemen yang baik untuk kesehatan kuku dan rambut. Dalam kacang hijau juga dijumpai zat bernama phytoestrogen yang membantu produksi kolagen untuk menjaga elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini.

Untuk mendapatkan khasiat kacang hijau sangatlah mudah karena dapat diolah menjadi aneka makanan yang lezat.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.