5 Cara Mengatasi Batuk Kering Dengan Obat Tradisional

Mengatasi batuk kering berbeda dengan batuk basah atau yang disertai dengan lendir. Batuk kering juga ada yang disertai dengan dahak. Penyebab batuk dapat bermacam-macam mulai karena dingin, alergi, gangguan saluran udara, kanker atau gangguan lainnya. Banyak sekali obat di pasaran untuk mengobati batuk kering. Namun kebanyakan mempunyai efek samping. Ada beberapa cara tradisional dan alami untuk mengatasi batuk kering dan terbukti aman tanpa efek samping. Berikut cara mengatasi batuk kering dengan obat atau cara tradisional.

Mengobati Batuk Kering

batuk kering

1. Jahe

Jahe adalah tumbuhan antibiotik yang sangat ampuh dalam menyembuhkan batuk kering. Anda dapat mengunyah potongan-potomgan jahe. Jika lidah anda tidak suka, dapat juga dibuat minuman panas dari parutan jahe atau wedang jahe. Minum 2-3 kali sehari. Anda juga dapat mencampur sari jahe dengan minyak zaitun lalu mengoleskan pada dada. Jahe melemaskan otot karena batuk.

2. Kunyit

Masukkan satu sendok teh biji karambol, sejumput bubuk kunyit dan bubuk merica lalu seduh dengan air mendidih. Agar baunya tidak mencolok Anda dapat membakar terlebih dahulu kunyit tersebut lalu dibuat bubuk. Tambahkan beberapa tetes madu. Minum ramuan ini dua kali sehari maka batuk kering akan segera sembuh. Kunyit mengandung antioksidan yang disebut kurkumin. Kunyit juga mengandung sifat ani-inflamasi, antivirus dan antibakteri sehingga sangat efektif dalam mengobati berbagai infeksi.

3. Merica dan garam

Buatlah ramuan dari merica, garam dan gula kristal. Minum 3-4 kali sehari ketika batuk menyerang Anda, karena ramuan ini melawan infeksi pada tenggorokan. Anda juga dapat membuat ramuan anti-tussive dengan mencampur bubuk lada hitam, cengkeh, kayu manis, daun kemangi dan jahe kering untuk satu cangkir air mendidih. Minum dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

4. Berkumur dengan air garam

Untuk mengatasi iritasi pada tenggorokan berkumurlah dengan larutan air panas dan garam yang sudah didinginkan. Larutan garam membantu mengurangi cairan pada jaringan yang meradang. Anda juga dapat menambahkan air yang disaring dengan tumbukan daun kemangi pada larutan garam. Gunakan untuk berkumur.

5. Lemon

Lwmon merupakan buah yang mempunyai sifat anti-inflamasi dan mengandung vitamin C yang melimpah. Campur 2-3 sendok makan jus lemon dengan satu sendok makan madu. Ini merupakan sirup yang ampuh dalam mengatasi batuk kering.

Demikian cara mengatasi batuk kering dan radang tenggorokan dengan obat tradisional.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.