5 Bahaya Sinar Matahari

Sinar matahari memang mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan. Namun berbeda jika sinar matahari terik di siang hari yang langsung menampar wajah Anda. Sinar tersebut tidak baik untuk kulit dan kesehatan secara keseluruhan. Oleh sebab itu Anda harus berhati-hati ketika beraktifitas di luar pada saat sinar terik. Gunakanlah tabir suya dan pelindung lainnya yang dapat menghalangi sinar matahari bertemu kulit Anda secara langsung. Berikut adalah 5 efek berbahaya sinar matahari.

Efek Bahaya Sinar Matahari

berjemur di Bali

1. Luka bakar, lecet dan kanker kulit

Sinar matahari mengandung radiasi UVA, UVB dan UVC yang berbahaya untuk kulit dan kesehatan. Akibat radiasi sinar matahari adalah bintik-bintik merah seperti luka bakar, atau menyebabkan bengkak. Yang paling menakutkan adalah menyebabkan kanker kulit pada tahapan tertentu.

2. Penuaan dini dan keriput

Penuan dini adalah salah satu efek bahaya dari sinar matahari. Tamparan terik sinar matahari dalam waktu yang berkepanjangan akan menyebabkan perubahan yang nyata pada kulit. Kulir akan menjadi bergelambir, keriput dan kasar. Dan ketahuilah, hampir 80%% penuaan kulit disebabkan oleh sinar matahari. Sinar UVA memecah struktur kolagen yang menyebabkan keriput dan hilangnya kemampuan untuk memperbaiki kulit secara alami.

3. Bintik-bintik pada kulit

Terlalu lama di bawah terik matahari akan menyebabkan munculnya bintik-bintik pada kulit yang akan merusak keindahan kulit Anda. Bintik-bintik tersebut sering terbentuk pada wajah, tangan, telapak dan kaki. Bahkan bisa Anda lihat orang yang sering berjemur seluruh tubuhnya terdapat bintik-bintik.

4. Kulit menjadi gelap

Perubahan kulit yang menjadi cokelat dan gelap adalah pertanda kerusakan kulit. Kulit Anda memproduksi pigmen gelap yang menggelapkan kulit Anda hanya untuk melindungi diri dari sinar Ultra Violet. Sengaja mencoklatkan kulit di bawah sinar matahari juga tidak sehat.

5. Kornea rusak dan katarak

Terkena terik sinar matahari secara langsung yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan kerusakan pada kornea mata dan kondisi seperti katarak. Sinar UV yang intens adalah pada jam 10.00-14.00 bahkan jika itu dalam keadaan berawan. Pada waktu tersebut sangat dianjurkan menggunakan penutup saat bepergian keluar.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.