5 Akibat Kurang Tidur Yang Bahaya Bagi Anda

Kurang TidurKurang tidur menyebabkan berbagai masalah yang tidak terduga. Misalnya kecelekaan lalu lintas sebagian besar disebabkan oleh kurang tidur dan sopir yang mengantuk. Kurang tidur juga dapat mengacaukan pekerjaan dan menyebabkan kekacauan dalam berkatifitas. Seorang dewasa rata-rata membutuhkan setidaknya 7-8 jam tidur setiap hari. Berikut ini adalah beberapa efek karena kurang tidur yang mempengaruhi tubuh Anda:

1. Kehilangan konsentrasi
Kurang tidur menyebabkan kemampuan dalam berkonsentrasi menurun drastis. Kinerja kognitif juga sangat terganggu jika tidak mempunyai tidur yang cukup. Ketika sedang tidur otak meregenerasi kapasitasnya agar menjadi kreatif, siap dalam bekerja, berkonsentrasi dan belajar. Untuk mendapatkan hal tersebut diperlukan istirahat yang cukup.

2. Kekurangan energi
Meskipun otot-otot tubuh dapat meremajakan diri bahkan dalam keadaan rileks, otak memerlukan tidur untuk membangun kembali neuron penting untuk terus berfungsi secara normal. Tanpa tidur yang cukup, tubuh tidak akan mendapatkan energi yang diperlukan sehari-hari untuk beraktivitas. Kurang tidur menyebabkan lesu dan tidak mempunyai motivasi yang cukup untuk aktivitas apapun.

3. Melemahkan kekebalan
Sama seperti tidur diperlukan untuk segera sembuh ketika Anda jatuh sakit, kurang tidur dapat menyebabkan Anda jatuh sakit. Ketika Anda kurang tidur, sistem kekebalan tubuh berkurang dan gagal untuk melindungi Anda bahkan dari virus umum. Tidurlah yang cukup karena sangat penting untuk memperkuat sistem kekebalan.

4. Rasa sakit
Bila Anda kurang tidur, tubuh anda mengalami rasa sakit terutama sakit kepala yang tidak nyaman. Berbagai jenis penyakit juga disebabkan karena kurang tidur.

5. Ngantuk berat
Sudah pasti rasa ngantuk akan membayangi anda selama seharian. Yang perlu anda tahu otot-otot tubuh akan berjalan secara otomatis ketika otak anda mempunyai impian namun fisik anda dalam keadaan lemah. Anda menjadi seolah-olah sedang bermimpi. Jika hal kurang tidur terus dibiarkan pada akhirnya akan mengarah ke halusinasi.

Tidak ada alternatif apapun dalam mengatasi kurang tidur. Jadi dapatkan istirahat yang cukup agar aktivitas tetap lancar, tubuh sehat dan bugar.

Sumber: Magforwomen

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.