11 Manfaat Santan Kelapa Untuk Kesehatan

Santan kelapa merupakan salah satu bahan makanan yang mudah ditemukan. Sebagai bahan dalam memasak, membuat roti ataupun minuman santan juga mengandung nutrisi penting. Santan merupakan bahan serbaguna yang sangat baik bagi kesehatan. Berikut adalah 11 khasiat dan manfaat santan kelapa bagi kesehatan.

Manfaat Santan Kelapa

santan kelapa

1. Untuk tulang sehat dan kuat

Seringkali kita percaya bahwa kalsium saja sudah cukup untuk membuat tulang kita sehat dan kuat. Tapi itu tidak benar. Tubuh kita membutuhkan Fosfor bersama kalsium untuk memiliki tulang sehat, kuat dan kokoh. Santan merupakan sumber dari fosfor.

2. Kaya zat besi

Penyebab anemia adalah karena kekurangan zat besi. Defisiensi anemia menyebabkan produksi hemoglobin menurun dan sangat berpengaruh dalam produktivitas tubuh. Santan adalah sumber dari zat besi.

3. Menurunkan berat badan

Walaupun memiliki bentuk fisik yang mirip dengan susu, sanan sangatlah berbeda. Santan tidak membuat Anda gemuk, namun sebaliknya santan kelapa justru membantu dalam menurunkan berat badan. Santan mengandung serat makanan yang mana akan membuat perut Anda mudah dan awet kenyang. Ini sangat baik dalam mengontrol berat badan.

4. Kaya antioksidan

Manfaat santan selanjutnya adalah melindungi tubuh dari gangguan radikan bebas dengan sifat antioksidan yang dimilikinya.

5. Melawan penuaan dini

Antioksidan dalam santan kelapa membantu pencegahan tanda-tanda penuaan dini terjadi.

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Santan juga mengandung vitamin C yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Santan kelapa juga memerangi infeksi pilek dan batuk.

7. Baik untuk kulit dan pembuluh darah

Vutamin C dan tembaga ditemukan dalam santan kelapa. Kedua nutrisi ini penting untuk menjaga fleksibilitas dan elastisitas kulit serta pembuluh darah.

8. Menjaga tekanan darah

Air kelapa mengandung potasium yang sangat baik dalam menjaga atau menstabilkan tekanan darah yang sehat. Mengkosumsi santan dan air kelapa juga baik untuk penderita hipertensi.

9. Baik untuk kelenjar prostat

Santan kelapa mengandung seng (zinc) yang sangat baik untuk kesehatan kelenjar prostat.

10. Membantu mengatasi kram / nyeri otot kronis

Santan kelapa mengandung magnesium dalam jumlah yang baik. Ini merupakam nutrisi penting dalam membantu Anda merasa lebih baik jika Anda menderita kram otot atau sering nyeri.

11. Suplemen multivitamin multimineral alami

Manfaat santan kelapa yang terahir adalah sumber dari berbagai vitamin seperti vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C dan vitamin E. Santan juga mengandung berbagai mineral penting seperti folat, besi dan mikronutrisi penting lain seperti Selenium, Sodium, Kalsium, Magnesium, Fosfor dan Kalium.

Demikian 11 manfaat santan kelapa.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.