11 Khasiat dan Manfaat Seledri Untuk Kesehatan

seledriSeledri merupakan sayuran berdaun hijau yang sangat baik untuk kesehatan. Seledri yang sering menjadi campuran untuk berbagai sajian masakan, tanpa kita sedari mempunyai manfaat yang sangat besar. Daun, batang hingga akar seledri memiliki kandungan gizi yang bagus bagi kesehatan. Mungkin yang banyak orang ketahui seledri dapat menurunkan tekanan darah tinggi, namun selain darah tinggi ia juga dapat meredam berbagai penyakit lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat seledri bagi kesehatan:

  1. Seledri kaya akan vitamin A dan juga merupakan sumber yang baik akat zat besi, mineral kalium dan zat gizi lainnya.
  2. Sayuran hijau merupakan sumber gizi yang baik, namun nilai gizi akan hilang setelah dimasak. Berbeda dengan seledri yang mana tetap mengandung gizi sebanyak 80% setelah dimasak.
  3. Keasaman yang menyebabkan perut mual, cairan selederi dapat menyeimbangkan asam. Untuk atlet olahraga seledri ketika jus seledri diminum setelah latihan dapat meremajakan tubuh karena jus seledri dapat mengisi semua elektrolit yang hilang dan dapat menghindari dehidrasi.
  4. Tubuh yang panas karena musim kemarau, dapat didinginkan dengan minum jus seledri 2-3 kali sehari.
  5. Jus seledri juga merupakan minuman sehat yang membantu hilangnya lemak ketika sedang diet.
  6. Seledri juga merupakan obat tradisional dengan khasiat yang besar. Tak diragukan seledri dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu seledri juga dapat membantu ginjal bekerja lebih baik.
  7. Seledri dapat mencegah kanker perut. Seledri juga mencegah pertumbuhan sel-sel berbahaya penyebab berbagai jenis kanker.
  8. Seledri mencegah pengerasan cairan dalam kantung empedu atau yang sering dikenal batu empedu. Seledri juga dapat menyembuhkan sembelin.
  9. Seledri dapat menenangkan sistem saraf. Ia mengontrol darah tinggi.
  10. Seledri dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit, seperti pengobatan Ayurweda (asal India)
  11. Akar seledri dapat kembali menumbuhkan nafsu makan yang hilang dan mengatasi kecemasan. Seledri tidak hanya memberi nutrisi pada tubuh dalam bentuk fisik, namun juga memiliki efek positif terhadap kinerja mental dan otak.

One Response

  1. KBG 03/05/2013

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.