10 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Manfaat bawang merah – Bawang putih dan bawang merah merupakan bumbu yang hampir selalu ada di setiap dapur. Kedua jenis bawang ini mengandung beberapa nutrisi penting sehingga mempunyai khasiat dan mandaat sendiri-sendiri. Kali ini kita akan membahas tentang manfaat bawang merah yang mempunyai manfaat untuk kulit, rambut, pencernaan dan kesehatan Anda secara umum. Bahkan daun bawang tetap memiliki manfaat yang tak kalah dengan bawang. Oke, mari kita lihat 10 manfaat bawang merah untuk kesehatan berikut ini.

Manfaat Bawang Merah

bawang merah

1. Sumber zat besi

Bawang merah merupakan sumber zat besi yang melimpah. Zat besi sangat penting meningkatkan fungsi sel-sel darah merah, mempertahankan kadar hemoglobin dan memperkuat jaringan tubuh.

2. Kaya serat

Manfaat bawang putih untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat merupakan unsur penting yang dibutuhkan perut dan mencegah penyakit seperti sembelit.

3. Mengandung kalium

Kalium merupakan nutrisi yang berfungsi untuk mengatur kadar cairan dalam tubuh. Konsumsi bawang merah dengan dosis tertentu membantu mengobati berbagai penyakit yang berhubungan dengan kadar cairan dalam tubuh seperti penyakit jantung dan mencegah kram atau kelemahan pada otot.

4. Manfaat bawang merah untuk jantung

Bawang merah mengandung antikoagulan bernama cycloallin yang dikenal dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung. Didalamnya terdapat allicin yang berfungsi mencegah terjadinya penggumpalan trombosit pada pembuluh darah dan mengurangi penyakit berbahaya pada jantung seperti pembuluh darah prefier, penyakit arteri koroner, dan stroke. Asupan bawang merah juga membantu tubuh menghasilkan anti-koagulan yang mengencerkan darah dan mengurangi risiko penyakit aterosklerosis.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bawang merah dapat dimakan mentah atau dimasukkan ke dalam sup untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mencegah Anda dari tertular pilek, demam dan flu.

6. Rendah kalori

Karena bawang merah adalah sayuran, mereka dapat ditambahkan lebih dari daging di piring sehingga mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi dan juga membuat hidangan yang sehat.

7. Kaya antioksidan

Manfaat bawang selanjutnya adalah untuk kulit dan bahkan kesehatan secara umum karena kandungan sifat anti-oksidan di dalamnya. Antioksidan dalam bawang merah lebih banyak dibanding dengan bawang putih.

8. Bawang merah sebagai obat tradisional

Bawang merah memiliki anti-bakteri, anti-jamur dan anti-virus yang mereka digunakan untuk mengobati infeksi dan goresan dalam tubuh. Manfaat bawang merah untuk mengatasi perut mual-mual dari luar.

9. Sifat anti diabetes

Bawang merah mengandung phyto-kimia seperti allium dan Alil disulfida yang memiliki sifat anti-diabetes. Mereka membantu mencegah degradasi insulin dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme glukosa.

10. Mengobati cacingan

Bawang merah dapat mengobati penyakit caingan dan radikal dalam perut. Untuk mendapatkan manfaat bawang merah yang maksimal minumlah jus bawang merah pada saat perut masih kosong.

Demikian 10 khasiat dan manfaat bawang merah yang luar biasa.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.