10 Makanan Penuruh Darah Tinggi Secara Alami

Tekanan darah tinggi alias hipertensi adalah salah satu penyakit yang paling di derita di seluruh dunia. Penyebab hipertensi bisa karena makanan, terlalu banyak stress, kurang olahraga atau karena bertambahnya usia. Yang pasti gaya hidup yang tidak sehat harus mulai Anda tinggalkan. Jangan banyak makanan yang asin atau makanan yang mengandung kolesterol. Berikut adalah 10 makanan untuk penderita darah tinggi.

Makanan Penurun Darah Tinggi

makanan penurun darah tinggi

1. Pisang

Pisang adalah buah penurun darah tinggi yang paling mudah Anda temukan. Kalium dalam pisang mempunyai andil yang cukup besar. Kelebihan natrium adalah salah satu penyebab hipertensi, dan pisang membantu ginjal dalam menyaring natrium.

2. Bayam

Mengkonsumsi bayam adalah salah satu cara yang bagus dalam menurunkan tekanan darah. Sayuran ini merupakan sumber dari vitamin dan mineral seperti besi, magnesium, folat dan asam askorbat.

3. Buah kiwi

Dengan rasanya yang lezat ternyata buah kiwi tidak hanya memuaskan selera kita. Buah kiwi sangat bagus dalam melawan hipertensi karena banyak mengandung kalium dan asam askorbat, terlepas dari lutein antioksidan.

4. Kacang dan buncis

Kacang dan buncis sangat efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sayuran ini banyak mengandung dua mineral penting yaitu kalium dan magnesium.

5. Susu skim

Susu skim atau susu tanpa lemak juga termasuk makanan penurun darah tinggi. Vitamin D dan kalsium dalam susu skim memiliki peran yang penting untuk mengatasi hipertensi.

6. Tomat

Tidak diragukan lagi, buah tomat merupakan gudang dari mineral penting seperti kalsium, kalium dan vitamin A, C dan E. Terlepas dari itu tomat mengandung antioksidan lycopene yang mengurangi tingkat tekanan darah secara signifikan.

7. Brokoli

Sayuran kribo ini mengandung kalium dan krominum yang membantu dalam menurunkan tekanan darah.

8. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari merupakan sumber dari magnesium yang cukup besar. Namun sebaiknya hindari kwaci (nama lain biji bunga matahari) yang rasanya asin, karena efek dari jumlah sodium yang tinggi harus dihindari penderita darah tinggi.

9. Stroberi

Stroberi dan bluberi mengandung berbagai antioksidan seperti antosianin dan flavonol. Ditambah lagi kandungan vitamin dan mineral yang sangat penting dalam menurunkan tekanan darah.

10. Coklat

Coklat memiliki khasiat menurunkan darah tinggi jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Selain mengatasi hipertensi coklat juga meningkatkan aliran darah dan mencegah aterosklerosis.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.