10 Khasiat Daun Ketumbar atau Cilantro

Daun ketumbar atau biasa disebut dengan cilantro banyak dikenal menjadi penyedap untuk masakan. Banyak yang belum mengetahui tentang khasiat daun ketumbar sebagai ramuan kesehatan untuk penyembuhan. Daun ketumbar banyak digunakan di Asia Barat Daya dan Afrika Utara sebagai obat penyakit dan menjaga keadaan tubuh agar tetap fit. Daun ketumbar mengandung senyawa antibakteri dan merupakan sumber mineral. Untuk mengenal lebih jauh tentang khasiat dan manfaat daun ketumbar, berikut adalah daftarnya.

10 Khasiat Daun Ketumbar

daun ketumbar

1. Mengatasi gangguan kulit

Daun ketumbar dipenuhi dengan antijamur, antiseptik, detoksifikasi dan sifat disinfektan yang mengobati gangguan kulit dan menyembuhkan mereka sepenuhnya. Jadi jika Anda menderita gatal-gatal atau ruam, minum segelas jus daun ketumbar, atau membuat pasta dari daun dan oleskan pada daerah yang terkena.

2. Meningkatkan pencernaan

Minyak esensial dan aroma dalam daun ketumbar menjaga kesehatan pencernaan Anda. . Cilantro bertindak sebagai hidangan pembuka yang menakjubkan dan membantu enzim mensekresi dan cairan pencernaan dalam perut Anda. Ini pada gilirannya merangsang sistem pencernaan Anda dan membuat Anda tetap sehat.

3. Menyembuhkan bisul

Minyak daun ketumbar mengandung komponen bernama citronelol, yang bekerja sebagai antiseptik besar. Selain itu, daun ketumbar juga memiliki minyak esensial lain yang menaklukkan memburuknya luka dan bisul di mulut Anda. Jadi jika Anda memiliki bisul tak tertahankan di mulut Anda, kunyah segenggam daun ketumbar!

4. Mengontrol kolesterol dan gula darah

Vitamin C dalam daun ketumbar sangat efektif dalam mengontrol kolesterol dan gula darah. Telah terbukti bahwa ketumbar sangat membantu dalam mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketumbar sangat bermanfaat untuk pasien diabetes, karena merangsang sekresi insulin, sehingga menurunkan kadar gula darah.

5. Melawan penyakit

Daun ketumbar memiliki kemampuan alami untuk melawan penyakit salmonella. Penyakit ini dikenal sebagai penyakit yang ditularkan melalui makanan (yang juga bisa berakibat fatal). Para agen anti-bakteri dan senyawa dodecenal di cilantro merupakan faktor utama memerangi penyakit ini.

6. Mengurangi dingin dan batuk

Daun ketumbar meiliki kandungan alkohol bernama borneol, yang memiliki kemampuan untuk membunuh kuman dan virus dari flu dan batuk.

7. Mengurangi kram menstruasi

Wanita yang megalami gangguan kram karena menstruasi disarankan untuk segera minum jus daun ketumbar. Hal ini membantu mengurangi rasa sakit, dan juga menyeimbangkan mood swings hormonal Anda selama fase pra dan pasca-menstruasi.

8. Kaya vitamin

Daun ketumbar mengandung vitamin dan mineral yang jumlahnya tak kalah dengan buah-buahan. Tumbuhan ini mengandung vitamin A, K dan C, serta mineral seperti besi, kalsium dan magnesium untuk menjaga kesehatan tubuh Anda dan memberikan perlindungan dari penyakit dan virus.

9. Menyembuhakan banyak penyakit

Daun ketumbar juga merupakan bagian dari bahan ramuan yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Adalah penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, arthritis, diabetes, infeksi virus dan bakteri, hepatitis, radang usus, gangguan obsesif-kompulsif, autisme, sindrom tourette dan infertilitas dapat diobati dengan ramuan daun ketumbar. Cilantri juga memberikan pertolongan pada penderita gangguan autoimun, fibromyalgia, penyakit Addison, sindrom Guillain-Barre, IBS, multiple sclerosis, dan sindrom kelelahan kronis.

10. Menghapus logam pada jaringan lemak

Daun ketumbar membantu menghilangkan logam dan aluminium yang menjadi racun dalam jaringan lemak di tubuh. Daun ini membantu Anda tetap sehat dan bugar.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.