Wisata Pantai di Jogjakarta

Jogjakarta merupakan salah satu wilayah di Jawa yang sangat terkenal karena budaya dan adat istiadat. Maka tak elak Jogja menjadi tujuan wisata baik domestik maupun turis mancanegara. Selain wisata budaya Jogjakarta juga mempunyai wisata alam yang sangat menarik salah satunya adalah pantai sepanjang laut selatan.

Berikut ini adalah beberapa wisata pantai di Jogjakarta yang menarik untuk Anda kunjungi bersama teman, kerabat dan keluarga:

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Parangtritis merupakan objek wisata pantai yang sangat terkenal di Jogjakarta. Letaknya berada di kabupaten Bantul, 20-an kilo meter arah selatan dari pusat kota Jogja.

Pantai parang tritis mempunyai gulungan ombak yang sangat tinggi sehingga tidak ada satu perahupun yang berani beroprasi. Pada saat akhir pekan dan hari libur, pantai parangtritis sangat ramai oleh pengunjung.

Pada hari tertentu yaitu tanggal 1 Muharram atau tanggal 1 syuro ada upacara adat yang konon upacara yang dikenal dengan sebutan labuhan sebagai persembahayan untuk Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul. Hiii….

2. Pantai Glagah

laguna pantai glagah

Terletak di Kabupaten Kulon Progo, sebelah barat Kabupaten Bantul atau 40 KM dari kota Jogjakarta. Keunggulan dari pantai Glagah adalah terdapat Laguna sepanjang yang cukup panjang.

Pengunjung dapat melewati laguna hingga bagian ujung yang langsung berhadapan dengan laut lepas. Sangat memacu adrenalin terlebih jika ombak yang cukup besar menghantam tanggul pecah keatas. Anda harus rela basah-basahan.

Namun anda harus tetap memperhatikan area yang aman dikunjungi serta harus mematuhi aturan atau ketika sewaktu-waktu Tim Search And Rescue memperingatkan Anda.

Selain keindahan Pantai Glagah Anda juga dapat menikmati fasilitas Agrowisata dengan mengunjungi perkebunan Kusumo Wanadri.

3. Pantai Indrayanti

pantai indrayanti

Berlokasi di Dusun Sundak Timur, Desa Tepus, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Indrayanti memiliki pemandangan pasir putih yang sangat indah. Selain indah pantai yang satu ini juga cukup bersih karena pengelolaannya sangat ketat. Bahkan pengunjung yang tertangkap membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda.

Hamparan ombak serta tumpukan batu karang menjadi pemandangan yang cukup Indah. Di sana Anda juga dapat menyewa jetsky untuk menikmati pantai dengan cara yang menyenangkan.

Setelah anda capek bermain dan menikmati keindahan pantai, Anda dapat melepas lelah dengan menikmati hidangan lezat di gazebo serta restarant bertabur bintang yang berada di bibir pantai. Sungguh sangat romantis.

4. Baron, Kukup, Krakal
Ketiga pantai ini juga terletak di Kabupaten Gunung Kidul.

Leave a Reply

*