Tata Cara Naik Pesawat Terbang Pertama Kali

Tata cara naik pesawat – Bagi beberapa orang pasti ada yang belum pernah naik pesawat, termasuk kamu kah? hehe.. Orang yang belum pernah naik pesawat terbang pasti timbul pikiran dan pertanyaan dalam benak “bagaimana sih caranya naik pesawat?”.

Segala sesuatu yang kita kerjakan pasti ada yang pertama kali, termasuk naik pesawat. Mungkin artikel ini tak ada manfaatnya bagi kamu yang sudah sering naik pesawat. Namun artikel ini akan sangat berguna bagi orang yang baru pertama kali akan naik pesawat. Karena apabila tidak mengetahui prosedur mulai dari memesan tiket hingga landing kamu bisa dibuat canggung di depan orang banyak. Berikut adalah tips, beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan tata cara pesawat terbang.

Tata cara naik pesawat terbang pertama kali

pesawat-terbang-garuda-indonesia

1. Pesan / beli tiket pesawat

Membeli tiket pesawat terbang sangatlah mudah, kamu bisa memesan tiket pesawat secara online di beberapa situs resmi maskapai atau di beberapa situs kuhusus tiketing seperti traveloka. Tata cara membeli tikel online biasanya sudah diberi panduan di masing-masing situs penjual tiket.

Jika kamu belum pernah belanja atau beli tikel secara online, kamu juga bisa membeli tiket mesawat secara langsung ke agen travel dan tiketing. Saat ini agen travel dan tiketing sangat mudah kita temui karena sudah tersebar di kota besar dan kota kecil.

Dalam membeli tiket sebaiknya jangan mepet hari H. Lebih baik kamu membeli tiket jauh-jauh hari sebelum mendekati hari H karenaharga tiket cenderung naik saat mendekati hari H. Terlebih saat hari liburan dan hari-hari besar biasanya tiket pesawat mengalami kenaikan harga.

Biasanya saat kamu membeli tiket, harga belum termasuk pajak, jadi saat pembayaran kamu akan dikenakan tambahan 10% biaya tambahan. Pastikan kamu memperoleh kode booking yang akan digunakan saat cekin di bandara.

2. Pilih pintu keberangkatan

Saat kamu pertama kali datang ke bandara, pastikan kamu menuju gate sesuai dengan tujuan terbang kamu. Selain tujuan terbang di bandara besar seperti Soekarno Hatta biasanya gate juga dipisah-pisah berdasar maskapai penerbangan. Jika bandara internasional gate domestik dan luar negeri biasanya juga dipisah. Jadi pastikan kamu sudah mengetahui pintu keberangkatan (gate) mana yang akan kamu lewati.

3. Check in

Inti dari check in adalah menukar kode booking dengan Boarding pass atau tiket pesawat. Sebelum tanggal 1 maret 2015 penumpang diharuskan membayar tax airport sekitar 40 – 100 ribu tiap bandara berbeda. Namun saat artikel ini ditulis tax airport sudah dihapus.

Saat Check in kamu harus mempersiapkan kartu identitas dan dokumen yang diperlukan seperti ktp, pasport jika tujuan luar negeri, dll. Saat melalui pintu masuk metal detektor, taruhlah gadget pada tas atau dikotak yang sudah disediakan.

4. Boarding

Boarding merupakan istilah saat naik pesawat untuk persiapan pemberangkatan. Waktu boarding biasanya berkisar antara 15-30 menit tergantung bandara dan besarnya pesawat. Catatan penting disini, kamu harus datang 90 menit lebih awal dari jam keberangkatan pesawat. Jika pesawat berangkat jam 9 pagi, maka disarankan anda datang jam 7.30 (90 menit sebelum berangkat) untuk checkin lalu jam 8.40 (sekitar 20 menit sebelum terbang). Biasanya jam segitu sudah boarding.

Mengapa proses checkin dan boarding lama? jawabannya simple karena proses menerbangkan pesawat tidak seprti angkot, bus atau kereta. Maskapai melakukan banyak hal saat boarding. misalkan mengecek jumlah penumpang, mengecek ulang apakah ada barang yang seharusnya masuk bagasi namun dibawa masuk kepesawat, menunjukan cara memakai sabuk pengaman dan memberikan petunjuk jika pesawat mendarat darurat, termasuk menunjukan kepada orang tua caranya memasang sabuk pengaman kepada anak dan bayi. Selain itu, juga menunjukan cara membuka pintu darurat bagi yang duduk di dekat pintu darurat. Proses ini memakan waktu 20 menit hingga 30 menit.

5. Take off

Bagian ini merupakan saat yang paling krusial dalam penerbangan, bagian ini juga merupakan bagian yang beresiko. Maka pastikan kamu sudah memasang sabuk pengaman dengan benar dan mematikan semua perangkat elektronik, INGAT SEMUA ALAT ELEKTRONIK DI MATIKAN. Kamu boleh menggunakan gadget DENGAN MODE PESAWAT saat sudah diudara dan lampu sabuk pengaman sudah Off. Perhatikan petunjuk dan pengarahan dari petugas (kru) pesawat.

Pastikan kamu duduk dengan nyaman dan bersandar agar kamu tidak pusing, kepala sakit seperti mendengung.

6. Dalam pesawat (fly)

Jika kamuu bosan kamu dapat melihat pemandangan di luar pesawat melalui kaca samping. Jika anda bosan, kamu pun bisa bermain layar video game di depan mu (jika ada) ataupun membaca majalah yang sudah disediakan atau membaca buku yang kamu bawa sendiri.

Garuda indonesia memberikan makan gratis dipesawat, namun maskapai lain tidak menyediakan. Justru malah menjual makanan dan minuman di pesawat. Catatan penting di sini, makanan atau minuman yang dijual oleh kru pesawat harganya sangat mahal selangit. Sebotol air mineral saja bisa sampai 30 ribu. Disarankan untuk membawa bekal sendiri. Bawa makanan atau minuman dalam kantong plastik sendiri, karena kamu akan kesulitan jika bekal yang kamu bawa berada dalam tas karena tas akan dimasukkan dalam bagasi pesawat.

Jika anda ingin ke toilet, pastikan saat kondisi lampu sabuk pengaman off, saat cuaca buruk atau lampu sabuk pengaman ON, tetap di kursi, Cari selamat. Catatan penting disini, walaupun lampu sabuk pengaman OFF, tetap PAKAI sabuk pengaman karena bisa saja tiba tiba pesawat mengalami gonjangan.

7. Landing

Landing merupakan istilah yang digunakan saat pesawat mendarat. Sekitar 15 menit sebelum landing, pilot akan memberi aba-aba melalui speaker. Kencangkan sabuk pengaman dan tegakkan sandaran kursi. Rilek saat landing.

Saat akan landing, kadang pesawat berputar putar dulu diudara, ada beberapa penyebab, namun yang paling umum adalah masalah cuaca buruk (misal hujan deras) dan atau belum di ijinkan oleh pihak bandara untuk turun. Santai dan rilek aja.

Jangan mengaktifkan alat elektronik apapun sampai pesawat benar benar berhenti dan anda masuk terminal. Jangan lepas sabuk pengaman sampai pesawat benar berhenti. Perlu catatan disini, keluar dari pesawat sampai keluar bandara bisa membutuhkan waktu 15-30 menit.

Keluar pesawat dengan tertib dan selamat, sampai disini kamu sudah berhasil naik pesawat dengan baik dan benar 😀

Demikian tips dan beberapa tata cara naik pesawat yang harus kamu pahami khususnya untuk yang baru pertama kali naik pesawat.

Leave a Reply

*