Tanda-tanda dan Gejala Anemia

Anemia adalah penyakit kelainan darah karena jumlah sel darah merah lebih sedikit atau jumlah hemoglobin berada di bawah jumlah normal. Padahal darah merah sangat penting untuk menyebarkan oksigen ke seluruh anggota tubuh. Kurangnya oksigen menyebabkan seseorang lemas dan lelah. Untuk megetahui gejala dan mendeteksi anemia lebih awal sebenarnya tidak harus pergi ke dokter. Gejala anemia bisa Anda ketahui dengan beberapa tanda berikut ini.

 

Gejala Anemia

gejala anemia wanita cantik

  1. Pusing
  2. Kelelahan
  3. Kulit pucat
  4. Denyut jantung tidak teratur
  5. Dada Nyeri
  6. Sakit kepala
  7. Kaki dingin dan tangan
  8. Kehilangan energi
  9. Sesak napas
  10. Kram, terutama di kaki
  11. Kesulitan dalam konsentrasi
  12. Insomnia (susah tidur)
  13. Demensia (semacam pikun)

Tanda-tanda anemia juga bisa menimbulkan selain gejala di atas. Misalnya, anemia akibat kekurangan zat besi biasanya menyebabkan seseorang cenderung merasa lapar akan hal-hal yang aneh seperti lapar akan kertas, daun-daunan dan ingin memakan sesuatu aneh lainnya. Anemia yang disebabkan karena kekurangan vitamin B12 menyebabkan halusinasi, schizophrenia, dan kesulitan dalam berjalan. Dan masih ada beberapa gejala anemia yang lainnya.

Untuk wanita yang sedang hamil sangat penting untuk memperhatikas asupan makanan yang sehat yang mengandung prtoein dan nutrisi lainnya. Anemia juga bisa disebebkan oleh kehamilan.

Leave a Reply

*