Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan –  Ulasan kali ini dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan tentang sel hewan dan sel tumbuhan. Sel merupakan bagian atau materi terkecil yang menyusun suatu mahluk hidup. Secara mendasar sel hewan dan sel tumbuhan memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Mari kita bahas lebih dalam.

Sel hewan dan sel tumbuhan pada dasarnya memiliki struktur yang sama. Tetapi setelah hewan dan tumbuhan berkembang perubahan sel terjadi sesuai dengan lingkungannya. Faktor ekologis yaitu tumbuhan yang bekerja sebagai pembuat makanan sedangkan hewan sebagai pemakan tumbuhan dan hewan lainnya merupakan salah satu penyebab terjadinya perbedaan sel pada hewan dan tumbuhan.

Tabel perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Sel Tumbuhan Sel Hewan
Mempunyai dinding sel Tidak mempunyai dinding sel
Mempunyai vakuola berukuran besar Mempunyai vakuola berukuran kecil
Mempunyai plastida(kloroplas, kromoplas, dan leukoplas Tidak mempunyai plastida
Tidak mempunyai sentriol Mempunyai sentriol

sel hewan dan sel tumbuhan

Sel pada tumbuhan

Dinding sel

Dinding sel berada pada bagian terluar tumbuhan dan bekerja sebagai pelingdung sel dibawahnya. Dinding sel pada tumbuhan umunya lebih tebal dan lebih kuat dibanding pada manusia dan hewan. Kita pasti pernah mencubit tangan teman kita, tapi coba cubit lapisan kayu pada tumbuhan, pasti tangan kamu sendiri yang merasa sakit.

Vakuola

Vakuola adalah organel bermembran yang berisi cairan vakuola. Hakikatnya vakuola terdapat pada sel hewan dan sel tumbuhan. Namun, Vakuola yang ada di tumbuhan memiliki bentuk dan fungsi yang lebih nyata dibandingkan vakuola pada sel hewan, tumbuhan yang masih muda memiliki sel dengan ukuran yang kecil, tetapi seiring pertumbuhan yang bertambah besar dan tua, vakuola ikut membesar, bahkan mendominasi sitoplasmadan mendesak sitoplasma ke tepi dinding sel.

Plastida

Pastida merupakan membran sel yang lengkap dengan bentuk dan fungsi yang bermacam-macam. Membran plastida pada tumbuhan terbagi menjadi 3 jenis yaitu kloroplas, kromoplas, dan leukoplas.

Sel pada hewan

Sentriol

Apa itu sentriol? Sentriol merupakan sepasang struktur seperti silinder yang mempunyai lubang tengah dan tersusun dari protein mikrotubulus. Anggota pasangan sentriol biasanya terletak pada posisi menyudut ke arah kanan satu sama lain.

Vakuola

Ada sebagian jenis hewan yang ditemukannya vakuola, seperti pada hewan amoeba dan paramecium.

Karena tidak memiliki dinding sel yang bervariasi bentuknya. Sel manusia merupakan salah satu jenis sel hewan. Demikian penjelasan singkat perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*