Perbedaan Pajak Dan Retribusi

Perbedaan pajak dan retribusi РPungutan oleh pemerintah Indonesia sebenarnya ada 3 jenis yaitu pajak, retribusi dan sumbangan. Pada dasarnya ketiganya mempunyai kesamaan yaitu sama-sama pungutan yang dapat dipaksakan dengan tujuan kesejeahteraan. Sebelum membahas tentang perbedaan pajak, retribusi dan sumbangan terlebih dahulu harus Anda pahami pengertian pajak, retribusi dan sumbangan. Pajak Pajak adalah iuran rakyat kepada negara yang mempunyai landasan undang-undang, sehingga dapat dipaksakan, dengan tanpa memperoleh balas jasa secara langsung. Retribusi Pengertian retribusi berdasakan UU no. 28 tahun 2009 merupakan pungutan daerah sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu yang khusus disediakan dan/atau diberikan oleh Pemerintah Daerah untuk kepentingan pribadi atau badan. Sumbangan adalah pungutan yang dilakukan pemerintah kepada segolongan orang tertentu untuk pengumpulan dana dalam mencapai suatu tujuan dan hasilnya dimasukkan ke dalam kas negara atau daerah. Jadi, yang mendapatkan fasilitas dari sumbangan adalah golongan tertentu saja yang terkait dalam pembayaran sumbangan.

Perbedaan pajak, retribusi dan sumbangan

kartun pajak

Kartun pajak by bogor.net

Perbedaan pajak dan retribusi merupakan istilah yang masalahnya banyak dipahami oleh kebanyakan masyarakat. Sebenarnya antara pajak, retribusi dan sumbangan memiliki banyak perbedaan. Berikut adalah tabel perbedaan pajak, retribusi dan sumbangan.

  Pajak Retribusi Sumbangan
Dasar Hukum Undang-undang Peraturan pemerintah, peraturan menteri, atau pejabat negara yang lebih rendah Pemerintah daerah
Balas jasa Tidak langsung Langsung dan nyata kepada individu tersebut Langsung kepada golongan tertentu
Objek Umum (seperti penghasilan, kekayaan, laba perusahaan dan kendaraan) orang-orang tertentu yang menggunakan jasa Pemerintah golongan tertentu.
Sifat Dapat dipaksakan (menurut UU). Jadi, wajib dibayar. Kalau tidak, maka akan mendapatkan sanksi Dapat dipaksaan. Akan tetapi paksaannya bersifat ekonomis yang hanya berlaku kepada orang-orang yang menggunakan jasa pemerintah Dapat dipaksakan. Akan tetapi paksaan tersebut bukan untuk umum. Paksaan tersebut hanya berlaku kepada golongan-golongan tertentu.
Lembaga Pemungut Pemerintah pusat maupun daerah (negara) Pemerintah daerah. Lembaga-lembaga tertentu.
Tujuan Kesejahteraan untuk umum. Kesejahteraan untuk individu tersebut yang menggunakan jasa pemerintah Kesejahteraan hanya untuk suatu golongan tertentu.

Dari tabel diatas sudah sangat jelas beberapa poin perbedaan antara pajak, retribusi dan sumbangan. Demikian beberapa perbedaan pajak dan retribusi yang dihimpun dari berbagai sumber, semoga wawasan kamu bertambah.

Leave a Reply

*