Perbedaan Nabi dan Rasul Dalam Islam

Perbedaan nabi dan rasul – Dalam agama islam kita wajib mengimani kepada rasul seperti yang kita tahu bahwa nama nabi dan rasul yang wajib kita ketahui ada 25. Jadi 25 tersebut adalah yang wajib kita ketahui, karena sebenarnya nabi dan rasul itu ada banyak tidak hanya 25 saja. Namun kali ini kita tidak akan membahas tentang jumlah nabi dan rasul.

Nabi dan Rasul itu beda. Sebelumnya kita pahami terlebih dahulu definisi dari nabi dan rasul.

Dinamakan Nabi karena mereka adalah orang yang menceritakan suatu berita dan mereka adalah orang yang diberitahu beritanya (lewat wahyu). Sedangkan kata rasul secara bahasa berasal dari kata irsal yang bermakna membimbing atau memberi arahan. Definisi secara syar’i yang masyhur, nabi adalah orang yang mendapatkan wahyu namun tidak diperintahkan untuk menyampaikan sedangkan Rasul adalah orang yang mendapatkan wahyu dalam syari’at dan diperintahkan untuk menyampaikann kepada umatnya. [Syaikh Ibn Abdul Wahhab menggunakan definisi ini dalam Ushulutsalatsah dan Kasyfu Syubhat, begitu pula Syaikh Muhammad ibn Sholeh Al Utsaimin].

Perbedaan nabi dan rasul

Courtsy by novieffendi.com

Dari definisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa nabi belum tentu rasul, sedangkan rasul sudah pasti seorang nabi. Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel perbedaan nabi dan rasul dibawah ini.

NO NABI RASUL
1 Tidak diperintahkan untuk menyampaikan risalah dari Allah kepada siapapun. Diperintahkan oleh Allah untuk menyampaikan risalah kepada orang lain (umat)
2 Menguatkan / melanjutkan syariat dari Rasul sebelumnya Diutus dengan membawa syariat baru
3 Diutus kepada kaum yang sudah tunduk dengan syariat dari rasul sebelumnya Diutus kepada kaum yang menentang
4 Setiap nabi belum tentu ia seorang rasul Setiap Rasul adalah Nabi
5 Nabi pertama adalah Adam‘alaihissalam Rasul pertama adalah Nuh ‘alaihissalam
6 Jumlah Nabi adalah 124 ribu orang Jumlah Rasul adalah 315 orang
7 Nabi itu jauh lebih banyak Rasul jauh lebih sedikit ketimbang nabi
8 Adapun nabi, ada di antara mereka yang berhasil dibunuh oleh kaumnya Seluruh rasul yang diutus, Allah selamatkan dari percobaan pembunuhan yang dilancarkan oleh kaumnya

Dari tabel di atas sudah sangat jelas tentang perbedaan nabi dan rasul. Namun dalam artikel ini masih sangat dangkal karena tidak disampaikan atas dasar dan dalilnya. Jadi Anda sangat disarankan untuk mempelajari langsung dari kitab-kitab kuning yang masyhurdengan menggurukannya. Karena ilmu Agama Islam tidak hanya cukup dengan belajar dari internet saja. Demikian artikel tentang perbedaan nabi dan rasul, semoga manfaat. Wassalam!.

Leave a Reply

*