Perbedaan Cuaca dan Iklim

Perbedaan cuaca dan iklim – Sekarang saatnya belajar ilmu geografi yaitu tentang cuaca dan iklim. Apa itu cuaca dan apa itu iklim? Lalu apa perbedaan cuaca dan iklim? Berikut ini adalah penjelasannya.

Menurut wikipedia begini penjelasannya. Cuaca terdiri dari seluruh fenomena yang terjadi di atmosfer Bumi atau sebuah planet lainnya. Cuaca biasanya merupakan sebuah aktivitas fenomena ini dalam waktu beberapa hari [sumber]. Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi atau planet lain. Iklim suatu tempat sangat erat dipengaruhi oleh letak geografis dan topografi tempat tersebut [sumber].

cuaca ekstrim

Secara singkat dapat kita ambil kesimpulan, cuaca adalah keadaan atmosfer dalam waktu singkat dan meliputi wilayah yang sempit. Contohnya adalah kalau malam panas tapi siang dingin, pagi terang sorenya hujan deras, itulah perubahan cuaca. Iklim adalah keadaan rata-rata atmosfer dalam waktu relatif lama (minimal 30 tahun) dan meliputi wilayah yang luas.

Sangat banyak sekali yang masih bingung membedakan antara cuaca dan iklim, apa kamu sudah cukup jelas dengan sedikit penjelasan di atas? Jika belum paham ,coba amati tabel dibawah ini.

perbedaan-cuaca-dan-iklim

Demikian perbedaan antara cuaca dan iklim yang dikumpulkan dari beberapa sumber.

Leave a Reply

*