Perbedaan AM dan PM dalam Penulisan Waktu (Jam)

Perbedaan Am dan PM – Jam atau waktu yang berjalan 24 jam dalam penulisan Bahasa Inggris dibagi dengan dua istilah yaitu Am dan PM. Perbedaan AM dan PM ini sebenarnya sangat sederhana, namun adat beberapa sobat yang masih bingung. Mohon sobat untuk menyimak secara baik-baik.

am dan pm

Format waktu AM dan PM merupakan pembagian siang dan malam yang biasa digunakan di negara-negara Amerika dan Eropa. Kalau di negara kita tercinta ini biasa menggunakan format 24 jam. Namun format AM dan PM saat ini banyak juga digunakan oleh masyarakat Indonesia, terlebih saat ini banyak yang berpedoman jam dengan gadget yang selalu di genggaman.

Berikut adalah perbedaan AM dan PM dalam penulisan waktu.

AM (a.m.) singkatan dari ante meridiem artinya before noon yaitu sebelum tengah hari. AM dimulai jam 12 malam (00.00) sampai jam 12 siang.
PM (p.m.) singkatan dari post meridiem artinya after noon yaitu setelah tengah hari. PM AM dimulai jam 12.00 siang sampai jam 12 mala (23.59).

Contoh:

  • Pukul 3 pagi = 03.00 a.m.
  • Pukul 8 malam = 08.00 p.m.
  • Pukul 7 pagi = 07.00 a.m.
  • Pukul 9 malam = 09.00 p.m.
  • Pukul 11 siang = 11.00 a.m
  • Pukul 5 sore = 05.00 p.m

Dengan memahami beberapa contoh di atas sudah sangat jelas bukan? Atau sobat juga bisa membuat istilah singkatan sendiri yang mudah dihafal misalnya A.M. (Awan Mas), P.M. (Peteng Mas). Nah, itu hanya istilah lucu saja biar mudah dihapal. Demikian perbedaan waktu AM dan PM, semoga sobat sudah paham betul.

Leave a Reply

*