Penyebab Sariawan dan Cara Mencegahnya

Sariawan atau sering dikenal dengan sebutan stomatis merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu dan tidak mengenakkan walaupun penyakit jenis ini bukan kategori penyakit yang mengancam keselamatan jiwa. Sariawan sendiri adalah penyakit pada mokusa mulut yang mengalami pembengkakan atau peradangan.

Penyebab sariawan secara pasti belum ditemukan, tetapi ada beberapa penyebab yang menimbulkan munculnya sariawan di lidah maupun di mulut.

Penyebab Sariawan

sariawan parah

Ilustrasi

Luka atau lecet di mulut
Penyebab sariawan bisa dipicu karena mulut yang lecet atau terluka. Luka tersebut bisa terjadi akibat tergigit, karena makanan ataupun karena salah dalam menggosok gigi. Saat luka tersebut terjadi dan daya tahan tubuh tidak dalam keadaan yang baik bisa muncul infeksi yang akhirnya menimbulkan sariawan

Kekurangan Vitamin
Kebutuhan vitamin yang tidak terpenuhi bisa menjadi pemicu timbulnya sariawan. Vitamin di sini adalah vitamin B12. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 bisa dipeoleh dengan cara mengkonsumsi jeruk nipis. Selain Vitamin sariawan juga disebakan karena kekurangan gizi dan zat besi.

Terkena Virus
Sariawan bisa disebabkan oleh Virus Herpes yang menyerang bagian belakang tenggorokan. Ketika daya tahan tubuh sedang dalam keadaan rendah dan diserang oleh virus ini, kemungkinan akan timbul penyakit sariawan.

Cara Mencegah Sariawan

Cara paling efektif dalam mencegah sariawan adalah dengan selalu menjaga kebersihan mulut dan banyak mengkonsumsi makanan dan buah-buahan yang mengandung vitamin C dan B. Rajin Minum Yogurt juga membantu menjaga keseimbangan mulut dan tubuh dalam menghadapi bakteri dan jamur.

Ada baiknya juga kita melakukan konsultasi kepada DOkter Gigi Spesialis Penyakit Mulut (Drg., SpPM) agar mendapatkan pengetahuan atau obat yang tepat dan sesuai apabila sudah terlanjur terganggu oleh penyakit di mulut.

Leave a Reply

*