Minuman Tradisional Khas Indonesia Yang Menyehatkan

Minuman tradisional yang diwariskan oleh nenek moyang secara turun temurun menjadi sajian yang sangat unik. Minuman tradisional dibuat dari bahan-bahan alami dan diolah dengan cara yang sederhana. Beberapa minuman tradisional juga mempunyai khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Minuman tradisional Indonesia sangat beragam, namun kali ini kita akan mengenal minuman tradisional khas Indonesia yang mempunyai manfaat untuk kesehatan.

Minuman Tradisional Khas Indonesia

wedang jahe

Wedang Jahe
Minuman ini berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Wedang berasal dari bahasa Jawa yang artinya minuman panas dan jahe adalah jenis tumbuhan apotik hidup. Wedang jahe dibuat dari jahe yang dibakar kemudian dipukul-pukul. Jahe tersebut kemudian direbus dengan air panas dan diaduk dengan gula jawa atau gula aren. Wedang jahe mempunyai khasiat untuk menghangatkan tubuh untuk mengusir penyakit masuk angin dll.

Beras Kencur
Minuman tradisional yang satu ini juga bisa dikategorikan sebagai jamu karena khasiat yang dimilikinya. Kombinasi beras dan kencur banyak mengandung vitaman B yang dapat merangsang lambung untuk menambah nafsu makan.
Beras kencur terbuat dari bahan utama rimpang kencur, tepung beras, rimpang jahe, asam kawak, gula merah dan sedikit garam. Tumbuhan kencur juga mempunyai manfaat untuk menhilangkan bau badan tak sedap.

Kunir Asem
Kunir Asem adalah minuman tradisioanl khas Jawa yang dibuat dari bahan utama yaitu kunyit dan asam jawa. Minuman kunir asam mempunyai khasiat menyegarkan perut, mencegah sariawan dan panas dalam. Minuman kuni Asem juga dapat menghilangkan bau badan dari dalam tubuh.

Wedang Ronde
Minuman Khas Jawa yang satu ini rasanya manis, gurih dan sedikit pedas. Wedang ronde berupa rebusan air jahe yang dicampur dengan kacang tanah, indil-indil dari beras ketan. Rebusan air jahe mampu menghangatkan tubuh terutama perut.

One Response

  1. madu ceng 10/07/2013

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.