Mengenal Tanaman Okra dan Manfaat Okra

Apa itu okra?

Okra atau dikenal juga dengan bendi merupakan tanaman berbunga hijau yang bentuknya mirip dengan cabai hijau berbulu halus dan kelilingnya berlekuk. Di dalamnya terdapat biji-biji kecil jika okra dipotong. Tanaman ini berasal dari daerah Ethiopia dan kini dapat dijumpai di daerah Tropis.

Okra dapat dimasak menjadi kari, balado, campuran salad, atau hidangan tumis. Ketika dimasak okra mengeluarkan lendir dan rasanya renyah. Anda tertarik mencobanya? :D

sayuran okra

Manfaat Okra bagi kesehatan

Okra atau bendi memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Beberapa jenis vitamin dan protein terdapat di dalamnya. Okra merupakan sayuran hijau berserat yang mengandung vitamin, mineral, folat, dan anti-oksidan seperti beta karoten dan lutein. Okra juga rendah kalori sehingga dapat dijadikan menu dalam diet menurunkan berat badan. Berikut adalah manfaat okra bagi kesehatan.

1. Baik untuk jantung

Okra rendah kalori dan banyak mengandung protein. Ditambah lagi serat buah yang mudah larut membuat okra sangat bagus untuk jantung Anda. Selain mengurangi kolesterol okra juga membantu mengontrol tingkat tekanan darah.

2. Mencegah diabetes

Dari penelitian ilmiah menunjukkan bahwa serat-serat dalam okra membantu dalam menstabilkan tingkat gula darah. Okra menjadi sarana pengontrol dalam penyerapan gula dari darah oleh hati. Okra sangat baik dikonsumsi dalam pencegahan diabetes.

3. Mengatasi sembelit

Konten serat dalam okra mudah dicerna dan mempermudah pergerakan usus. Okra membantu penyerapan air berlebih dalam perut dan iritasi usus lainnya.

4. Kaya akan vitamin

Okra juga kaya akan vitamin A dan vitamin C. Vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah berbagai masalah pada kulit. Vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin B juga hadir dalam tanaman okra.

5. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat okra yang terakhir adalah mencegah jerawat dan menjaga kulit tetap halus dan bercahaya.

Mengenal Tanaman Okra dan Manfaat Okra | posted by admin | 4.5

Komentar FB

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>