Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Bayi

Makanan pokok bagi bayi yang masih berumur di bawah 2 tahun adalah ASI (air susu ibu). Walaupun sekarang ini banyak susu dan suplemen pengganti ASI, namun dari berbagai penelitian ASI adalah yang paling unggul. Menyusui tidak hanya menguntungkan bagi balita, bagi Ibu sendiri menyusui juga mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat menyusui untuk ibu dan manfaat ASI untuk bayi.

Manfaat Menyusui

ibu menyusui

1. Menyusui membantu meningkatkan kekebalan bayi karena ASI kaya akan nutrisi, antibodi dan enzim. ASI mengandung air, gula, protein dan lemak yang dibutuhkan oleh bayi.

2. ASI sangat mudah dikonsumsi dan dicerna oleh bayi sehingga menjaganya dari berbagai jenis infeksi, alergi, diare dan penyakit radang usus. ASI juga membantu mengurangi risiko masa depan infeksi ini karena memperkuat kekebalan langsung dari hari-hari awal.

3. Asi melindungi bayi dari beberapa kanker pada anak dan mengurangi risiko penyakit masa depan yang mengancam kehidupan seperti obesitas dan diabetes.

4. Tingkat kecerdasan, kosakata dan perkembangan kognitif pada balita juga sangat terpengaruh dengan menyusui.

5. ASI juga melindungi bayi yang lahir secara prematur dari masalah pernapasan dan penyakit lemah.

6. ASI mengurangi resiko terkena penyakit fatal pada bayi seperti sindrom kematian bayi mendadak. Hal ini telah dibuktikan dengan penelitian.

7. Kegiatan menyusui membantu ibu menyusui melepaskan hormon oksitosin yang mengurangi perdarahan postpartum.

8. Kegiatan menyusui juga mengurangi tingkat depresi postpartum dan stres.

9. Menyusui membantu menurunkan berat badan bagi ibu pasca melahirkan.

10. Kegiatan menyusui melindungi terhadap kanker payudara dan kanker ovarium serta diabetes tipe 2 pada ibu.

11. Ibu menyusui juga memiliki resiko lebih rendah terserang osteoporosis.

12. Kegiatan menyusui juga meningkatkan ikatan dan kedekatan alami antara bayi dan ibu. Menyusui memberikan efek yang positif pada bayi. Membuatnya merasa hangat, nyaman dan aman saat dirawat ibu.

Leave a Reply

*