Asparagus merupakan salah satu jenis tumbuhan yang biasanya dimanfaatkan batangnya yang masih muda sebagai menu masakan. Tumbuhan ini mempunyai bau yang sangat sedap. Asparagus mempunyai sifat diuretik yang mana membuat sayuran ini memperlancar saluran urine sehingga memperbaiki kinerja ginjal. Selain itu masih banyak sekali manfaat tanaman asparagus. Berikut adalah 10 manfaat asparagus bagi kesehatan.

Manfaat Asparagus

asparagus

1. Sumber antioksidan

Asparagus mengandung antioksidan penting yang sangat dibutuhkan seiring bertambahnya usia. Antioksidan ini dibutuhkan untuk tetap meremajakan kulit dan fungsi tubuh.

2. Kaya akan folat

Asparagus adalah sumber terbaik asam folat nabati, sehingga asparagus sangat baik dikonsumsi ibu yang sedang hamil. Hal ini mengurangi resiko cacat lahir pada bayi karena kekurangan folat.

3. Melawan nyeri dan peradangan

Asparagus mempunyai sifat anti inflamasi yang sangat berguna untuk mengatasi nyeri dan peradangan. Asam folat dalam asparagus juga membantu menghilangkan rasa sakit akan masalah ini.

4. Mengurangi resiko kanker

Kandungan antioksidan dan asam folat dalam asparagus sangat baik untuk membangun sistem pertahanan terhadap ancaman kanker.

5. Sumber vitamin K

Manfaat asparagus juga berhubungan dengan kesehatan tulang karena kandungan vitamin K di dalamnya. Hal ini termasuk membantu mencegah osteoporosis.

6. Untuk detoksifikasi

Mengkonsumsi asparagus secara teratur adalah cara yang sangat bagus dalam membuang racun dalam tubuh.

7. Menjaga kesehatan jantung

Mengandung folat yang tinggi, rendah kalori dan sama sekali tidak mengandung lemak atau kolesterol sangat menguntungkan terutama dalam menjaga kesehatan jantung.

8. Sumber vitamin C

Selain mempunyai antikosidan, asparagus juga mengandung vitamin C yang penting untuk mencegah pilek, menjaga kesehatan gusi, dan mencegah infeksi kecil lainnya.

9. Sifat dieuretik

Sifat dierutik pada asparagus sangat membanggakan. Sifat ini sangat menguntungkan bagi orang yang memiliki masalah pada ginjal dan urine.

10. Untuk kesehatan pencernaan

Manfaat asparagus yang terakhir adalah membantu memperlancar pencernaan secara keseluruhan. Karena asparagus mempunyai serat yang tinggi, ini sangat menguntungkan dalam menjaga kesehatan buang air besar dan mencegah sembelit.

Artikel Menarik Lainnya

6 Khasiat dan Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan Wortel merupakan salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi dan mineral. Manfaat wortel segar untuk kesehatan mata tidak diragukan lagi. Namun wortel j...
10 Manfaat Buah Anggur Bagi Kesehatan Buah anggur memiliki rasa yang manis dan pasti disukai banyak orang. Buah anggur terdiri dari 70-80% berupa kadar air dan kadar gula 15 - 30%. Dibalik...
Manfaat Kecambah (Tauge) Bagi Kesehatan Kecambah atau biasa disebut juga dengan kecambah banyak dimanfaatkan untuk menjadi pendamping bersama sayuran saat makan. Kecambah sangat mudah ditemu...
8 Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan Buah nangka mempunyai rasa yang manis dan lezat. Makan langsung atau diolah menjadi jus segar, semuanya nikmat. Buah dengan ukuran besar ini sangat mu...
9 Makanan Yang Mengandung Vitamin D Manfaat vitamin D untuk kesehatan sangat banyak. Untuk gigi kuat, meningkatkatkan kekebalan dan mencegah berbagai jenis kanker. Kekurangan vitamin D d...