Makanan Yang Menimbulkan Bau Badan

Bau badan tidak sedap disebabkan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi. Bau badan memang dapat diatasi dengan diadoran atau parfum, namun hanya dalam jangka waktu yang pendek. Sebaiknya Anda mulai waspada dengan beberapa makanan penyebab bau badan dan bau mulut berikut ini.

Penyebab Bau Badan

bau badan

1. Daging merah

Daging merah ketika masuk dalam perut membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melalu saluran pencernaan. Makanan yang tidak tercerna akan membusuk, sehingga melepaskan bau gas dan racun yang busuk. Indikasinya adalah perut kembung dan bau keringat tidak sedap. Semua jenis daging mempunyai resiko seperti ini namun daging merahlah yang paling beresiko.

2. Makanan berserat

Makanan yang berserat baik tinggi atau rendah merupakan makanan penyebab bau badan. Kacang-kacangan, sayuran dan biji-bijian yang dicerna menghasilkan gas makanan seperti metana, karbon dioksida dan hidrogen. Makanan berserat mandeg dalam sistem pencernaan juga menghasilkan produksi metana yang merupakan penyabab bau tak sedap.

3. Alkohol

Konsumsi alkohol dan kafein berlebihan adalah penyebab pasti bau yang tidak mengenankkan. Konsumsi alkohol menyebabkan tubuh mengeluarkan bau yang tidak sehat dan berkeringat dalam waktu yang lama. Tubuh Anda akan berbau lebih segar tanpa adanya alkohol.

4. Junk Food

Junkfood hanya memberi Anda kelezatan di mulut pada waktu sementara dan sama sekali tidak baik bagi kesehatan. Makanan-makanan olahan cepat saji mengandung minyak terhidrogenasi, gula berlebihan, emulsifier yang tinggal di usus yang merupakan penyebab bau badan dan bau mulut yang tidak sedap. Jumlah lemak dalam jungkfood juga sangat besar.

5. Produk susu

Susu memang sangat bagus untuk tulang dan kesehatan secara keseluruhan. Namun perlu diketahui, asupan produk susu secara berlebihan (diatas yang direkomendasikan) akan menyebabkan bau yang tidak menyenangkan karena produk susu mengandung protein tinggi yang memecah bakteri perut untuk membentuk hidrogen sulfida.

6. Makanan beraroma tajam

Sajian-sajian di depan meja makan Anda yang memiliki bau tajam seperti karena bumbu bawang, memiliki potensi yang besar tidak hanya menyebabkan bau mulut tetapi juga bau badan yang buruk.

Leave a Reply

*