Makanan Khas Palembang Yang Wajib Anda Coba

Makanan Khas Palembang – Kota palembang merupakan ibukota dari Provinsi Sumatera Selatan yang kaya akan budaya dan adat. Dalam catatan sejarah Palembang pernah menjadi pusat kerajaan budha terbesar di Asia Tenggara. Palembang juga mempunyai berbagai obyek wisata yang dapat Anda kunjungi.

Ketika Anda berkunjung ke suatu tempat rasanya tak lengkap jika belum mencoba masakan dan makanan khas daerah setempat. Begitu juga ketika Anda pergi ke Palembang, Anda wajib mencoba beberapa makanan khas Palembang.

Makanan Khas Palembang

Pempek

pempek palembang

Pempek adalah makanan yang paling khas dari kota Palembang. Pempek dibuat dari bahan dutama daging ikan dan sagu. Masyarakat palembang telah berhasil mengembangkan pempek menjadi berbagai jenis dari isian ataupun bahan tambahan seperti kulit ikan, telur ayam maupun tahu. Beberapa jenis pempek asal Palembang antara lain pempek kapal selam, pempek adaan, pempek lenjer, pempek keriting, pempek kulit, pempek tahu, pempek pistel, pempek lenggang , pempek udang, pempek panggang, pempek belah dan pempek otak – otak. Andapun sekarang juga dapat menikmati pempek tanpa harus pergi ke Palembang, karena sekarang banyak kios atapun warung pempek di kota-kota besar.

Tekwan

tekwan palembang

Tekwan merupakan masakan berkuah asal Palembang yang tampilannya mirip sup ikan dengan bahan dasar daging ikan dan sagu. Memiliki bentuk kecil-kecil mirip bakso yang ditambahkan kaldu udang pada kuahnya dan juga soun. Sebagai pelengkap ditambahkan jamur kuping.

Model

model palembang

Bahan utamanya juga daging ikan dan sagu, mirip dengan tekwan, hanya bedanya dibentuk mirip pempek kemudian dipotong kecil-kecil. Kuahnya juga dari kaldu udang dan pelengkapnya juga soun.

Burgo

burgo palembang

Makanan ini terbuat dari beras dan sagu dibentuk seperti lontong atau lebih tepatnya dadar gulung yang diolah lagi dengan santan kuning. Biasanya burgo dapat dijumpai pada saat pagi hari yang biasa dijual pedagang kaki lima untuk sarapan.

Laksan

Bahan dasarnya adalah pempek tebal yang dipotong melintang. Laksan memiliki kuah dari santan pedas.

Celimpungan

celimpungan palembang

Bentuknya tidak beda dengan laksan, yang membedakannya pempek dibentuk morop tekwan dengan potongan lebih besar lalu disiram dengan kuah santan.

Kemplang

kempalng palembang

Kemplang adalah kerupuk khas palembang yang terbuat dari bahan dasar pempek lenjer. Irisan pempek lenjer dijemur hingga kering. Tahap terakhir adalah menggorengnya atapun dengan dipanggang hingga mengembang.

Selain tujuh makanan diatas, masih banyak makanan khas Palembang lainnya seperti kue srikayo, pindang tulang, kue maksuba, lakso, mie celor, kue delapan jam, dan tempoyak. Dari sekian banyak, makanan khas Palembang yang mana yang pernah Anda coba?

Leave a Reply

*