Macam-macam Kualitas Video Film

Bagi pencinta film tentu anda pernah menjumpai film-film yang mempunyai video banyak versi dan semuanya mempunyai kualitas yang berbeda-beda.  Ada bermacam-macam dan berbagai jenis kualias suatu video mulai dari low version yaitu Cam sampai dengan kualitas terbaik yaitu 1080 full HD. Berikut jenis-jenisnya,

Macam-macam kualitas video

jenis-jenis video

1. CAM
Film jenis ini merupakan video yang mempunyai kwalitas paling buruk. Film tipe cam biasanya didapat dengan cara merekam video secara langsung dari bioskop dengan menggunakan camcorder/handycam. Kadang-kadang di tengah-tengah video ada kelebatan orang lewat atau mungkin suara berisik. Yang sangat menyebalkan adalah gmabar kadang-kadang bergerak sendiri dan kualitasnya gelap dan tidak jelas gambarnya.

2. TELESYNC (TS)
Kualitas vidonya tidak jauh dari jenis CAM hanya saja suaranya lumayan baik karena suara direkam menggunakan line khusus. Line khusus yang dimaksud adalah menggunakan perangkat alat bantu khusus yang biasanya disediakan untuk penonton yang memiliki pendengaran yang kurang. Pembajak memnfaatkan perangkat ini untuk mendapatkan suara.

3. TELECINE (TC)
Video jenis ini memiliki kwalitas gambar dan suara yang bagus karena pembajak melakukan perekaman secara langsung dari sumber aslinya. Ciri-ciri video ini adalah terdapat caounter yang berada di atas dan dibawah layarnya.

4. SCREENER (SCR)
kualitas video jenis ini juga sudah lumayan baik karena dikopi langsung dari sumbernya. Ciri khas film ini adalah masih adanya undang-undang hak cipta yang muncul di awal film.

5. DVDScr
Hampir sama dengan Screener, hanya saja film jenis ini dikopi langsung dari DVD yang akan digunakan untuk promosi/sebelum dvd originalnya keluar. Ciri khas film ini, biasanya terdapat tulisan yang menjelaskan suatu scene yang kadang-kadang cukup mengganggu.

6. DVDRip
Film jenis ini dikopi langsung dari dvd original yang sudah beredar di publik. Kwalitas videon dan suara sudah cukup baik.

7. 720p BluRay/ BBRip/ HD
Video jenis ini memiliki kwalitas video dan suara yang sangat baik. Resolusi dari video bluray adalah 1280×720 yang sudah cukup memuaskan untuk ditonton.

8. 1080p HD / Full HD
Kwalitas video ini sangat baik dan paling baik dari semua yang sudah saya sebutkan. Video ini mempunyai resolusi 1920×1080 dan memerlukan perangkat yang berspesifikasi tinggi untuk memutarnya. Kwalitas gambar dan suara yang sangat baik tentu saja, ukuran file untuk film 1080p jadi sangat besar.

10. 3 Dimensi (3D)
Fil jenis ini memiliki kualitas gambar yang seolah-olah obyek dalam film tersebut seperti dalam dunia nyata. Untuk melihat video jenis memerlukan kacamata khusus, tetapi sekarang banyak juga film-film 3D yang sudah bisa dinikmati tanpa memerlukan kacamata khusus.

Leave a Reply

*