Daun oregano merupakan salah satu daun dari keluarga mint. Daun ini mempunyai aroma wangi dan rasa yang khas. Daun oregano banyak digunakan dalam masakan terutama masakan khas Italia. Tanaman oregano biasanya digunakan untuk membuat pizza dan spahetti. Oregano mengandung vitamin A dan nutrisi lain yang sangat berguna bagi kesehatan. Daun oregano juga diekstrak menjadi minyak oregano. Berikut khasiat dan manfaat daun oregano bagi kesehatan.

Manfaat Daun Oregano

daun oregano

1. Meningkatkan kekebalan

Daun oregano menrupakan sumber dari vitamin A. Daun oregano segar meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah kelesuan dan kelelahan. Makan daun oregano segar secara teratur sangat dianjurkan.

2. Menyembuhkan flu

Minyak origano memiliki khasiat menyembuhkan dingin dan mengatasi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh pilek. Caranya adalah tambahkan 3-4 tetes minyak oregano dan minum tiga kali sehari. Hal ini akan memberikan bantuan dengan cepat.

3. Membantu pencernaan

Oregano secara alami kaya akan senyawa carvacrol dan timol. Jika diambil dalam bentuk minyak, oregano meningkatkan kekuatan pencernaan dan mencegah masalah seperti sembelit.

4. Mengurangi kram menstruasi

Daun oregano alami memiliki sifat anti-inflamasi dan penyembuhan. Daun ini dapat membantu menyembuhkan penyakit. Kram menstruasi pada wanita dat rasa sakit karena kram biasa dapat disembuhkan dengan mengunyah daun oregano.

5. Menyembuhkan bisul

Minyak oregano memiliki sifat penyembuhan alami, sehingga sangat efektif untuk mengobati berbagai jenis luka dalam tubuh. Buatlah ramuan minyak oregano dengan minyak penyembuhan alami lain lalu terapkan ke daerah yang terkena. Oregano menyembuhkan borok di tubuh.

6. Menyembuhkan infeksi kulit

Minyak oregano secara alami memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang berkhasiat menyembuhkan berbagai infeksi kulit dalam tubuh. Daun oregano dapat diterapkan pada infeksi kulit seperti alergi dan jerawat.

7. Mencegah kanker

Oregano kaya senyawa, yang dikenal untuk mencegah berbagai jenis kanker. Sertakan dalam bentuk apapun dalam diet Anda untuk tetap sehat dan bugar.

8. Mencegah penyakit jantung

Oregano kaya akan anti oksidan yang sangat baik untuk jantung. Konsumsi daun oregano dalam bentuk apapun mencegah resiko penyakit jantung. Minyak oregano juga mencegah masalah kolesterol tinggi dan mengurangi tanda-tanda diabetes.

Artikel Menarik Lainnya

6 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan Rumput laut sangat mudah dijumpai walau di tempat yang jauh dari pantai. Budidaya rumput laut sudah sangat banyak sehingga tidak kesulitan jika kita m...
5 Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Manfaat daun kemangi - Anda salah satu penggemar pecel lele? Maka Anda sudah tidak asing lagi dengan namanya daun kemangi. Yah, daun bersama mentimun,...
Apa Itu Tarragon, Manfaat Tarragon Untuk Kesehatan Tarragon adalah sebuah tanaman yang biasa ditanam di Eropa timur, Asia tengah dan timur, Amerika Utara bagian barat, dan selatan utara India dan Meksi...
6 Manfaat Jamur Untuk Kesehatan Jamur merupakan tumbuhan heteretif yang mempunyai rasa lezat jika dimasak dengan cara yang tepat. Hampir semua orang memnyukai jamur, terlebih jika di...
6 Manfaat Minyak Almond Untuk Kesehatan Almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang biasanya dikonsumsi sebagai cemilan. Kacang almond juga diambil extraknya dalam bentuk minyak y...