Bawang dikenal sebagai bumbu dapur yang membuat makanan menjadi lezat. Bawang bisa dimasak dengan sayuran atau menjadi taburan sop yang gurih. Yang sering kita kenal bawang ada dua macam yaitu bawang putih dan bawang merah. Selain sebagai bumbu dapur, bawang juga dikenal mempunyai khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah manfaat dan khasiat bawang untuk kesehatan.

 

Khasiat dan Manfaat Bawang Putih – Bawang Merah

bawang merah

1. Bawang sebagai obat
Berbagai jenis bawang termasuk bawang merah dan putih sudah digunakan sebagai obat herbal sejak zaman dahulu. Bawang dapat membantu melawan bakteri seperti salmonella, subtilis bacillus, E-coli dan sejenisnya. Bawang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan secara melawan penyakit yang disebabkan oleh virus. Bawang dapat menyembuhkan pilek, batuk, infeksi bakteri dan bahkan asma. Ketika dikonsumsi bawang sama sekali tidak mempunyai efek samping.

2. Mencegah kanker usus besar
Bawang dapat merangsang pertumbuhan bakteri sehat dalam tubuh dan mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya dalam usus besar. Dengan begitu, bawang dapat mengurangi resiko kanker.

3. Mencegah penyakit jantung
Bawang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung anda. Bawang mempertahankan tingkat tekanan darah dan menurunkan lemak darah sehingga jantung menjadi lebih sehat.

4. Mencegah tumor
Bawang mempunyai antioksidan konsentrasi tinggi yang dapat mencegah berbagai penyakit termasuk kanker dan tumor. Orang yang mengkonsumsi bawang mentah atau dimasak terutama bawang putih dapat mengurangi resiko kanker.

5. Menurunkan kadar gula darah
Bawang mengandung alil propil disulfida yang bertanggung jawab untuk menurunkan kadar gula darah. Dengan kata lain, bawang dapat menurunkan tingkat glukosa dalam tubuh. Jadi bawang sangat bagus dikonsumsi penderita diabetes.

6. Membantu melawan depresi dan kelelahan
Bawang memilki konsentrasi fosfor dan belerang yang tinggi. Bawang mentah dan yang dimasak dapat mengurangi depresi, kelelahan dan susah tidur.

7. Mencegah hipertensi
Bawang mempunyai mineral yang ideal untuk arteri anda. Bawang dapat mencegah timbunan lemak dan kolesterol.

8. Mencegah penyakit perut
Bawang merangsang dan mengatur fungsi perut anda. Bawang mempunyai sifat diuretik dan membersihkan perut. Bwang sangat baik dikonsumsi oleh penderita sembelit. Sifat disinfektan dari bawang dapat melindungi anda dari penyakit menular.

Sumber: Magforwomen

Artikel Menarik Lainnya

9 Makanan Untuk Memperkuat Tulang dan Mencegah Pen... Tulang sehat dan kuat adalah struktur penting untuk memperoleh tubuh yang sehat. Makanan merupakan salah satu faktor kekuatan atau pengeroposan tulang...
5 Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan Aroma khas yang dimiliki daun mint memberikan efek yang melegakan dan menyegarkan. Tentu sudah tidak asing lagi tentang daun mint yang menjadi bahan r...
12 Khasiat dan Manfaat Buah Zaitun Sejak ribuan tahun silam buah zaitun dan minyaknya sudah digunakan manusia dalam dunia pengobatan. Buah zaitun saat ini kebanyakan hanya diambil minya...
6 Khasiat dan Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Buah mangga memiliki rasa yang manis dan lezat, semua orang pasti menyukainya. Selain rasanya Mangga juga banyak sekali jenisnya dan sangat mudah untu...
Buah Kenari dan 10 Manfaatnya Untuk Kesehatan Buah kenari atau terkenal dengan sebutan walnut adalah buah kering yang berasal dari Timur Tengah. Biasanya kita mengenal kacang walnut yang merupakan...