6 Khasiat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Khasiat bawang merah – Setiap hari kita pasti menemukan bawang merah paling tidak pada masakan yang kita makan. Bawang merah merupakan┬ábumbu wajib dalam kebanyakan masakan khas Indonesia. Bawang merah mempunyai aroma yang khas dan tajam yang juga bisa dimakan dalam bentuk irisan-irisan mentah.

Khasiat bawang merah

 

khasiat bawang merah

Bawang merah

Selain untuk bumbu dapur bawang merah ternyata juga banyak manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan loh. Sejak zaman dahulu bawang merah dimanfaatkan dalam pengobatan. Makan bawang merah banyak manfaatnya untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa khasiat bawang merah untuk kesehatan.

1. Mengatasi sembelit

Bawang merah sangat kaya akan serat dan juga mengandung antioksidan yang baik untuk sistem pencernaan. Bawang merah membantu membuang racun dan partikel makanan keras yang terjebak dalam usus. Makan bawang merah mentah membantu mengatasi masalah sembelit.

2. Mengatasi pendarahan

Sejak zaman dahulu bawang merah menjadi ramuan mujarab untuk mengatasi hemoroid atau wasir. Bawang merah juga dapat digunakan untuk mengataso pendarahan pada hidung atau mimisan. Cukup iris bawang merah dan hirup aromanya secara perlahan dan hati-hati.

3. Untuk penyakit diabetes

Kebutuhan insulin merupakan prioritas utama yang harus dipenuhi bagi pasien diabetes. Bawang merah dapat meningkatkan produksi insulin. Penderita diabetes sebaiknya banyak mengkonsumsi bawang merah mentah atau dengan makan salad dan acar.

4. Mengurangi kolesterol

Makanan yang serba instan dan cepat saji sangat tidak bagus untuk kesehatan, terlebih jika dikonsumsi secara rutin. Salah yang harus diwaspadai adalah kandungan kolesterol jahan yang sangat tidak bagus untuk kesehatan. Dengan makan bawang merah, kolesterol pada tubuh dapat terkontrol dan berkurang. Makanan herbal ini juga mengandung methylallyl serta asam-amino sulfur yang sarat dengan kemampuannya menurunkan kolesterol jahat dan memperbanyak kolesterol baik atau HDL.

5. Untuk kesehatan jantung

Kolesterol yang terkontrol mempunyai efek lebih lanjut dalam menjaga kesehatan jantung. Bawang merah memiliki manfaat untuk melindungi jantung dari bahaya penyakit koroner. Khasiat bawang merah juga untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah penyumbatan darah pada arteri.

6. Mencegah kanker

Khasiat bawang merah yang terakhir ialah untuk membantu pencegahan penyakit kanker. Bawang merah mengandung sulfur atau belerang yang membantu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker lambung, payudara, paru-paru, usus, dan prostat.

Sebenarnya banyak sekali makanan yang biasa disajikan dengan bawang mentah seperti sate, salad, acar dan makanan apa lagi hayo? Demikian manfaat dan khasiat bawang merah untuk kesehatan.

Leave a Reply

*