Kegunaan Dan Manfaat Silica Gel

Silica Gel merupakan butiran-butiran seperti kaca yang sering kita temukan di dalam kardus atau wadah ketika kita membeli beberapa barang. Biasanya silica gel terdapat dalam kardus sepatu, tas, ataupun barang lain. Gel silika adalah mineral alami yang dimurnikan dan diolah menjadi salah satu bentuk butiran atau manik-manik. Sebagai pengering yang bersifat sintetis, silica gel mempunyai ukuran pori rata-rata 2,4 nanometer dan memiliki afinitas yang kuat untuk molekul air.

Menurut proses pembuatannya terdapat dua jenis silica gel yaitu natural dan sintetis. Gel silika yang pertama terbuat dari Alam atau tambang batuan zeolite melalui proses aktivasi dan screening. Sedangkan silica gel sintetis, dibuat dengan melalui proses dan pengolahan menggunakan mesin. Yang mana terdapat perubahan bentuk dan jenis dari bahan menjadi barang jadi. Dengan bahan dasar Pasir kwarsa dan Soda Ash dijadikan Silica Gel (SiO3). Sebagai contoh, White Silica Gel yaitu butiran berwarna putih atau bening dan Blue Silica Gel berwarna biru. Indicator warna berubah menjadi merah bata pada kondisi jenuh. Namun sebaiknya Blue Silica Gel dihindari penggunaannya dari produk makanan.

Kegunaan Silica Gel

silica gel

Banyak sekali yang belum mengetahui tentang manfaat dari silica gel. Rasa keingintahuan akan kegunaan dari silica gel akhirnya terjawab setelah membaca dari berbagai sumber, berikut adalah diantaranya:

  • Mencegah kerusakan pada barang-barang yang disimpan.
  • Sebagai alat pernapasan transfomator tenaga, yaitu suatu peralatan tenaga listrik yang berfungsi untuk mentransformasikan daya listrik dari tegangan tinggi ke tegangan rendah atau sebaliknya.
  • Untuk dunia fotografi silica gel dapat digunakan untuk mencegah timbulnya jamur pada lensa kamera.
  • Silica gel juga dapat menyerap air pada barang-barang elektronik yang terkena air seperti handphone, jam tangan, dll.

Untuk silica gel yang berwarna biru jika sudah berubah warna menjadi merah muda maka ia sudah tidak dapat menyerap kelembapan. Ia harus diregenerasi dengan cara menghangatkannya dalam oven untuk mengeluarkan kelembapan. Namun sekarang sudah ada silica gel elektrik yang apabila sudah lembab cukup dengan mencolokkan ke listrik maka silica gel siap digunakan lagi.

Demikian sidikit info tentang manfaat dan kegunaan silica gel. Sudah tahu kan sekarang? ­čśÇ

Leave a Reply

*