Inilah 8 Manfaat Kacang Tanah

Manfaat kacang tanah – Jenis tanaman polong-polongan yang banyak dibudidayakan di Indonesia salah satunya adalah kacang tanah. Kacang tanah sangat mudah kita temukan. Kacang tanah juga dikenal dengan kacang jebrol, kacang bandung, kacang tuban, kacang kole, serta kacang banggala.

Manfaat kacang tanah

Manfaat kacang tanah

Kacang bawang

Kacang tanah menjadi jenis kacang-kacangan terpenting setelah kedelai untuk konsumsi sehari-hari. Kacang tanah juga kaya akan protein dan vitamin penting seperti yang dimiliki kedelai. Konsumsi kacang tanah secara rutin membantu tubuh dalam memenuhi asupan protein. Kacang tanah memiliki berbagai khasiat yang luar biasa. Berikut adalah 8 manfaat kacang tanah untuk kesehatan.

1. Mengontrol kolesterol

Manfaat kacang tanah untuk menurnkan kolesterol jahat dalam tubuh berkat kandungan asam lemak tak jenuh yang cukup banyak. Orang yang memiliki kelebihan kolesterol jahat mempunyai risiko terkena penyakit jantung dan penyakit koroner lebih besar. Kacang tanah sangat bagus dikonsumsi setiap hari.

2. Mencegah keriput

Tak hanya tubuh, khasiat kacang tanah juga baik untuk kulit. Berkat kandungan vitamin E, sangat membantu dalam mengurangi garis dan kerutan pada kulit. Kacang juga merupakan sumber Riboflavin dan vitamin B, yang berperan besar dalam membuat kulit yang bersinar. Makan kacang tanah yang direbus juga membantu mengusir radikal bebas dari dalam tubuh.

3. Mengurangi kadar gula darah

Orang yang menderita masalah diabetes juga dapat memperbanyak konsumsi kacang setiap hari. Kacang tanag merupakan sumber mangan, membantu dalam penyerapan kalsium dan lemak, sehingga mengatur tingkat gula darah normal. Kacang juga kaya antioksidan, yang lagi sehat bagi tubuh.

4. Mengurangi depresi

Kacang merupakan camilan yang sangat cocok saat sedang santai ataupun nonton film. Namun kacang juga bagus dikonsumsi kapan saja terutama saat sedang tidak mood. Konsumsi kacang meningkatkan suasana hati karena mengandung triptofan. Zat ini membantu melepaskan zat kimia khusus yang mengurangi tanda-tanda depresi. Ketika kamu merasa suram, ambillah segenggam kacang.

5. Sumber energi

Camilan yang paling cocok untuk menambah energi ketika lelah dan capek adalah kacang. Kacang tanah merupakan sumber energi instan yang baik bagi tubuh karena banyak mengandung antioksidan dan mineral. Selain menghilangkan secara lapar, kamu juga tak perlu khawatir akan meningkatkan berat badan karena kacang tidak banyak mengandung karbohidrat dan lemak.

6. Mencegah kanker

Kacang tanah juga mengandung p-coumaric acid, zat yang membantu mengurangi risiko kanker perut. Kacang juga dapat mengurangi risiko kanker usus besar pada wanita hingga empat puluh persen. Sertakan pasta kacang atau selai kacang dalam diet harian kamu untuk tetap sehat dan bugar.

7. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Manfaat kacang tanah selanjutnya adalah untuk meningkatkan pertumbuhan rambut berkat kandungan asam lemak omega 3 pada kacang. Tumbuhan polong-polongan ini juga kaya vitamin E, membantu mengurangi penipisan rambut yang biasa menimpa wanita. Khasiat makan kacang juga meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala yang bagus dalam mencegah kebotakan.

8. Mengurangi resiko batu empedu

Manfaat kacang tanah yang terakhir ialah untuk mengurangi risiko batu empedu dalam tubuh. Hal ini juga mencegah terhadap berbagai infeksi kandung empedu dan hati. Gunakan selai kacang dalam sarapan kamu untuk mendapatkan manfaat maksimal dan tetap sehat.

Selain makan kacang dalam bentuk aslinya, kamu juga makan selai kacang dengan roti sesuai yang kamu suka. Demikian artikel kesehatan tentangĀ 8 manfaat kacang tanah bagi kesehatan.

Leave a Reply

*