Contoh Laporan Perjalanan Wisata

Contoh laporan perjalanan – Study tour merupakan perjalanan yang sangat menyenangkan dan merupakan menjadi acara wajib di beberapa sekolah. Biasanya study tour dilaksananakan pada saat akhir tahun pengajaran.

Berbeda dengan wisata biasa, study tour mengharuskan siswa melakukan beberapa tugas yaitu pencatatan dan pembuatan laporan perjalanan setelah selesai. Berikut adalah contoh laporan perjalanan wisata:

 Contoh Laporan Perjalanan

tmii indonesia

BAB I

PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang

Karya Wisata adalah kegiatan wisata yang dilakukan dengan tujuan untuk menambah pengetahuan siswa dan menambah pengalaman. Setelah karya wisata dilaksanakan, siswa diwajibkan untuk menyusun karya tulis. Karya tulis adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah selesai dilaksanakan.

Laporan karya tulis ini merupakan tugas bagi semua angkatan kelas VII SMP 1 Magelang. Dalam penyusunan karya tulis ini, siswa diharapkan dapat melaporkan segala pengetahuan dan pengalamannya yang diperoleh selama menjalankan study tour selama 3 hari (Dari tanggal 29 April – 1 Mei 2014).

Pengalaman dan pengetahuan selama mengikuti study tour ke JAKARTA-BOGOR-BANDUNG diharapkan dapat memberikan manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Dalam laporan karya tulis ini membahas tentang beberapa objek wisata dan objek study tour yang berada di JAKARTA-BOGOR-BANDUNG dan sekitarnya.

B. Tujuan

Tujuan yang hendak kami capai dalam pembuatan laporan perjalanan ini serta dalam pelaksanaan study tour adalah sebagai berikut:

Menyelesaikan tugas akhir Bahasa Indonesia
Untuk mengembangkan potensi, etika, estetika, dan pratika.
Untuk memupuk rasa cinta terhadap tanah air.
Untuk menambah pengetahuan dan pengalaman siswa.
Mensyukuri Keindahan Alam
Dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan yang telah didapat sehingga dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
Bermanfaat bagi pembaca dalam menambah pengetahuan mengenai seputar objek wisata.

BAB II

LAPORAN PERJALANAN

A. Persiapan

Pada hari Senin tanggal 29 April 2014, siswa siswi SMP 1 Magelang berkumpul di bangsal SMP 1 Magelang untuk persiapan keberangkatan menuju ke Jakarta dalam rangka Study Tour. Sebelum berangkat kami semua dibagikan tas kecil dari pihak “Whatan Tour & Travel”, sesudah itu kami diberi pengarahan oleh Bapak Hengki Kurniawan selaku pembina. Setelah kami meneima pengarahan, kami semua harus menunggu kedatangan Bapak Drs. Sulistiyo Permadi, selaku Kepala SMP 1 Magelang, selama beberapa menit. Beberapa menit kemudian, Bapak Drs. Sulistiyo Permadi pun hadir dan langsung memberi beberapa sambutan. Sesudah itu kami semua berangkat meninggalkan Kota Magelang untuk menuju ke Ibu Kota Jakarta.

B. Isi

Di perjalanan, kami semua juga mendapat pengarahan dari pihak “Wahana Tour & Travel”. Beberapa saat kemudian, kami semua berhenti di Rumah Makan Mbok Berek, Gringsing, untuk mengisi perut kami. Setelah kami selesai makan, kami semua melanjutkan perjalanan menuju Jakarta. Di perjalanan menuju Jakarta, kami semua tidur karena harus mengumpulkan energi untuk menjalankan aktivitas di keesokan harinya.

Setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, kami pun sampai di Pondok Haji Indonesia, Pondok Gede, Jakarta Timur. Di sana kami bisa beristirahat sejenak dan membersihkan badan. Setelah itu, kami sarapan bersama dengan teman-teman lainnya. Kemudian kami, diberi waktu untuk berkeliling dan melihat-lihat lingkungan sekitar PHI, kami pun sempat berfoto bersama teman-teman. Setelah itu, kami munuju objek yang sudah ditentukan.

Objek pertama yang kami datangi adalah Museum PP IPTEK yang berada di Kawasan TMII. Perjalanan menuju TMII sangatlah singkat, memakan waktu kurang dari 10 menit. Disana kami dapat melihat, menyentuh, dan mempraktekkan penemuan – penemuan atau percobaan – percobaan. Kami diberi waktu untuk mengelilingi Museum PP IPTEK selama 1 jam 45 menit.

Setelah mengunjungi Museum PP IPTEK kami pun melanjutkan perjalanan menuju Theatre IMAX Keong Mas yang masih berada di Kawasan TMII. Disana kami menyaksikan film 3Dimensi. Film yang kami toton bertemakan tentang Kehidupan Monyet yang Hampir Punah. Kami pun menjadi prihatin dengan kondisi monyet – monyet tersebut yang hampir punah.

Setelah melihat film di Theatre IMAX Keong Mas, kami semua melanjutkan perjalanan menuju Kota Bogor, untuk mengunjungi objek kedua yaitu Taman Safari Cisarua Bogor. Perjalanan menuju ke Kota Bogor cukup lama. Setelah sampai, kami langsung berkeliling area Taman Safari dengan menggunakan bis. Selama perjalanan mengelilingi area tersebut kami dilarang untuk turun dari kendaraan demi keselamatan bersama.

Selanjutnya kami pergi menuju Kota Bandung untuk beristirahat di daerah Lembang. Esoknya kami menuju ke objek keempat yaitu Museum Asia Afrika. Di sana banyak menyumpan barang – barang dan dokumen yang berhubungan dengan Kenferensi Asia Afrika yang diadakan di Kota Kembang ini. Di Museum ini kita juga dapat melihat film tentang Konferensi Asia Afrika.

Setelah itu kami menuju ke objek berikutnya yaitu Trans Studio Bandung. Trans Studio Bandung merupakan wahana indoor yang cukup menguji adrenalin kami. Disana kami mencoba satu – persatu wahana yang ada, dan mambeli oleh – oleh seperti baju, topi, boneka yang disediakan di Kawasan Trans Studio.

Setelah bermain di Trans Studio Bandung kami segera menuju ke Kawasan Cibaduyut. Disana kita dapat membeli sepatu, baju, jaket, tas dan juga bermacam oleh – oleh khas Bandung. Selain banyak pilhan barang kita juga bisa menawar harga barang tersebut sehingga menjadi lebih murah. Kemudian kami kembali pulang ke Kota Magelang tercinta . Setelah sampai di Kendal , kami perjalanan kami ke Magelang terpaksa tertunda karena kami terjebak macet . Seharusnya kami sampai di Magelang jam 09.00 WIB tapi karena macet kami harus makan pagi . Seharusnya kami tidak di sediakan makan pagi , tapi karena macet kami di kasih sarapan pagi oleh Wahana Tour & Travel dan setelah makan kami melanjutkan perjalanan pulang menuju ke Magelang dengan di kawal oleh Para Polisi Polres Kendal .

C. Objek

1. Museum PP IPTEK-TMII

Letak Objek Wisata Museum PP IPTEK-TMII

Provinsi : DKI Jakarta

 

2. Keistimewaan Museum PP IPTEK-TMII

Terdapat berbagai macam benda yang bisa kita lihat, kita amati, dan bisa kita coba untuk menambah pengetahuan.
Manambah pengetahuan tentang hal-hal baru, yang belum kita ketahui secara umum.
Laporan:

Museum PP IPTEK-TMII adalah salah satu wisata yang mengoleksi penemuan-penemuan. Museum PP IPTEK-TMII berada di provinsi Jakarta. PP IPTEK berada di kawasan TMII yang merupakan tempat wisata juga.Objek wisata ini berada di provinsi DKI Jakarta. Lebih tepatnya terletak di Barat kota Bekasi, kira-kira 25 km.

2. Theater IMAX Keong Mas

Letak Objek Wisata Theater IMAX Keong Mas

Provinsi : DKI Jakarta
Kotamadya : Jakarta Timur
Keistimewaan Theater IMAX Keong Mas

Teater pertama yang memiliki layar terbesar di Indonesia, lebih besar daripada layar bioskop ukuran normal.
Dan di sana selalu ramai dikunjungi orang.
Laporan:

 

Letak Objek wisata Theater IMAX Keong MAS terletak di provinsi DKI Jakarta, objek wisata tersebut berada di kecamatan Keramat Jati, lebih tepatnya desa Ancol. Letaknya sekitar 25 km arah barat dari kota Bekasi . Dan letak objek wisata Theater IMAX Keong Mas dekat dengan objek wisata Museum PP IPTEK. Theater ini merupakan theater pertama di Indonesia yang memiliki layar terbesar. Film-film yang di tampilkan mengangkat tema tentang Alam.

3. Taman Safari Indonesia I Cisarua Bogor

Letak Objek Wisata Taman Safari Indonesia I Cisarua Bogor

Provinsi : DKI Jakarta
Kota : Bogor
Keistimewaan Taman Safari Indonesia I Cisarua Bogor

Kondisi disana dibuat seperti aslinya
Binatang dibiarkan bebas berkeliaran
Laporan:

Taman Safari Indonesia I Cisarua Bogor terletak di provinsi DKI Jakarta, objek wisata tersebut berada di kota Bogor. Kondisi disana dibuat seperti aslinya, seperti di hutan. Hewan-hewan disana dibiarkan bebas berkeliaran. Pengunjung yang berkeliling Taman Safari Indonesia I Cisarua Bogor, dilarang membuka jendela kendaraan dan member makan hewan di Taman Safari tersebut.

3. Museum Konferensi Asia Afrika

Letak Objek Wisata Museum Konferensi Asia Afrika

Provinsi : Jawa Barat
Kota : Bandung
Keistimewaan Museum Konferensi Asia Afrika

Menyimpan barang-barang yang berhubungan dengan Konferensi Asia Afrika
Laporan:

Gedung Konferensi Asia Afrika bertempat di jalan raya besar yang bernama Jalan Asia Afrika yang didirikan oleh arsitek belanda bernama Van Galenlast dan C.O. Wolf Shoomaker. Luas Gedung Konferensi Asia Afrika sebesar 7500 m2

4. Trans Studio Bandung

Letak Objek Wisata Trans Studio Bandung

Provinsi : Jawa Barat
Kota : Bandung
Keistimewaan Trans Studio Bandung

Wahana permainan indoor
Seringkali diadakan parade
Laporan:

Trans Studio Bandung adalah salah satu wisata yang memiliki wahana permainan indoor. Trans Studio Bandung berada di provinsi Jawa Barat, kota Bandung. Trans Studio Bandung merupakan Theme Park Trans TV ke-2 setelah Makasar.

 

5. Cibaduyut

Letak Objek Wisata Cibaduyut

Provinsi : DKI Jakarta
Kota : Bandung
Keistimewaan Cibaduyut

Banyak menjual sepatu
Harganya bisa ditawar
Terkenal dengan sentral sepatu kulit
Produk dalam Negeri dengan kualitas yang baik

Laporan :

Cibaduyut adalah wisata yang banyak menjual sepatu kulit, karena disana merupakan sentral sepatu kulit. Cibaduyut berada di provinsi DKI Jakarta, kota Bandung, sekitar 5 Km di selatan pusat kota Bandung Harga di sana bisa ditawar sehingga kita dapat mendapatkan barang – barang yang berkualitas dengan harga murah.

BAB III

PENUTUP

 

A. Kesan

Kesan yang kami dapatkan selama kami mengikuti study wisata banyak sekali. Kami merasa senang karena kami bisa mengikuti study wisata bersama teman – teman dan guru. Selain itu kami juga mendapatkan banyak sekali ilmu baru. Kami juga mendapatkan pengalaman baru yang tidak akan pernah kami lupakan.

B. Pesan

Karya Wisata kemarin sebagai sarana pembelajaran siswa di luar sekolah dan untuk Menyegarkan Pikiran saat kebingungan ketika Kegiatan Belajar Mengajar sedang berlangsung. Selain itu Kegiatan Karya wisata kemarin juga berguna untuk menambah wawasan peserta didik . Disana Kami lebih tahu , betapa indahnya Alam Ciptaan Tuhan Yang Maha Esa . Dari Situlah kami ingin meninggalkan beberapa pesan yaitu ,

Untuk yang Bertugas Sebagai akomodasi harap menjaga bus kita agar terhindar dari pencurian.
Seharusnya tempat duduk bus sesuai dengan kelasnya masing-masing,sehingga bisa berinteraksi dengan teman sekelasnya.
Untuk pihak trans studio bandung agar menurunkan harga semua barang yang dijual , karena harga itu tidak cocok untuk pelajar seperti kita .
Guru pendamping lebih mengawasi siswa-siswanya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.
Waktu yang diberikan pada tiap tempat harap lebih diperlama agar siswa dapat lebih puas berkeliling objek.

Demikian contoh laporan perjalanan wisata. Sumber: http://adryanardan.wordpress.com/

Comments (3)

  1. Tesa 25/07/2016
  2. Surati Jumeila 04/11/2016
    • Surheni Jumeila 04/11/2016

Leave a Reply

*