Contoh Kalimat Konjungsi

Kalimat konjungsi adalah kalimat yang mengandung atau menggunakan kata penghubung atau kata sambung. Contoh kata konjungsi, antara lain: dan, karena, atau, tetapi, ketika, seandainya, supaya, walaupun, seperti, oleh, sehingga, bahwa. Kalimat konjungsi banyak digunakan dalam bahasa kita sehari-hari dan juga dalam beberapa karya tulis seperti paragraf, cerpen ataupun novel.

menulis di papan tulis

Dalam tulisan ini, admin akan memberikan contoh kalimat konjungsi dalam bentuk konjungsi antarkalimat dan konjungsi intrakalimat

Contoh konjungsi antarkalimat

Konjungsi antarkalimat adalah kalimat yang menggunakan kata penghubung untuk menghubungkan kalimat satu dengan kalimat lainnya. Konjungsi antarkalimat akan selalu dimulai dengan kalimat baru. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh kalimat konjungsi antarkalimat berikut ini:

Timnas Indonesia bermain cukup bagus, walapun hanya memetik hasil imbang melawan vietnam.

Contoh kalimat konjugsi diatas terdiri dari 2 kalimat yaitu:
1. Timnas Indonesia bermain cukup bagus
2. Indonesia hanya memetik hasil imbang melawan vietnam

Kata konjungsi yang digunakan adalah ‘walapun’ sehingga digabung menjadi kalimat konjungsi antarkalimat seperti di atas.

Beberapa kata konjungsi yang dapat digunakan dalam konjungsi antarkalimat antara lain: biarpun demikian, sekalipun demikian, walaupun demikian, meskipun demikian, sesungguhnya, bahwasanya, sesudah itu, setelah itu, selanjutnya, namun, akan tetapi, malahan, bahkan, oleh sebab itu.

Contoh konjungsi intrakalimat

Konjungsi intrakalimat adalah kata yang menghubungkan satuan- satuan kata dengan kata, klausa dengan klausa dan frasa dengan frasa. Konjungsi intrakalimat di bagi menjadi dua yaitu konjungsi koordinatif dan konjungsi subordinatif.

Konjungsi Koordinatif

Konjungsi koordinatif menghubungkan antara dua klausa atau beberapa klausa lain tetapi memiliki sintaksis yang sama. Kata penghubung yangdigunakan yaitu : dan, tetapi, atau, melainkan, sedangkan, lalu, kemudian, padahal.

Contoh: Gedung itu ambruk diterpa badai dan apartemen didekatnya ikut rusak.

Konjungsi Subordinatif

Konjungsi subordinatif yaitu konjungsi yang menghubungkan antara dua klausa atau beberapa klausa lain tetapi memiliki sintaksis yang tidak sama. Kata konjungsi yang dipakai yaitu : ketika, jika, seandainya, agar, walaupun, seolah-olah, sebab, sampai-sampai, bahwa.

Contoh: Tuhan selalu mendengarkanmu, ketika kau mau beribadah kepada-Nya.

Demikian kumpulan beberapa contoh kalimat konjungsi.

Leave a Reply

*