Contoh Hewan Ovovivipar

Contoh hewan ovovivipar Pengertian ovovivipar, merupakan salah satu cara berkembang biak dari hewan yang dilakukan dengan cara beranak bertelur (ovipar) dan juga vivipar (beranak). Embrio dari hewan ovovivipar berkembang didalam telur dan berkembang didalam telur yang berada dalam tubuh induknya. Ketika embrio telah menjadu individu baru yang sudah cukup umur, maka telur tersebut menetas dan anak tersebut keluar dari tubuh induknya seolah-olah seperti melahirkan. Itulah mengapa hewan ini disebut berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan.

Contoh hewan ovovivipar

Berikut adalah beberapa contoh hewan ovovivipar:

1. Hiu

ikan hiu

Ikan laut yang memiliki ukuran raksasa yang sering berhubungan dengan berbagai mitos. Bahkan hiu juga sering menjadi bahan beberapa film hollywood.

2. Ular

ular sanca batik

Berbagai jenis ular merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar.

3. Ikan pari

ikan pari

Ikan laut yang memiliki bentuk pipih dan tidak memiliki tulang. Ikan pari manta merupakan ikan pari dengan ukuran yang sangat besar hingga jenis ikan pari yang satu ini memiliki lebar tubuh sampai 9 meter.

4. Kadal

kadal reptil

Kadal merupakan hewan yang cukup unik. Memiliki sisik seperti ular tetapi selalu licin dan memiliki empat kaki. Saat ini kadal sudah sangat langka dan hanya ditemukan di beberapa tempat tertentu.

Demikian contoh hewan ovovivipar, hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur melahirkan.

Leave a Reply

*