Contoh Batuan Beku

Contoh batuan beku – Topik kali ini akan membahas tentang bebatuan khususnya batuan beku. Apa iti batuan beku? Batuan beku merupakan jenis batu yang terbentuk oleh magma dan lava yang mendingin dan mengeras.

  • Magma adalah batuan cair dan sangat panas yang berada di dalam kerak bumi/perut bumi.
  • Lava adalah magma yang mencapai permukaan bumi.

Batuan beku dapat terbentuk baik melalui maupun tanpa melalui proses kristalisasi. Batu ini juga bisa terbentuk di bawah permukaan tanah sebagai batuan intrusif (plutonik) maupun di atas permukaan tanah sebagai batuan ekstrusif (vulkanik).

Contoh batuan beku

contoh batuan beku

Berikut adalah contoh-contoh batuan beku beserta proses pembentukan, ciri-ciri dan manfaatnya.

Granit

batu granit

Batu granit terbentuk oleh magma yang membeku saat belum keluar ke permukaan bumi. Batu granit tersusun oleh butiran kasar berkomposisi mineral feldspar, kuarsa, hornblende dan biotit. Batu granit memiliki warna abu-abu kemerahan hingga kehijauan.

Batu granit bisa di manfaatkan untuk bahan pemoles lantai, pelapis dinding, pondasi, pengeras jalan hingga sebagai galangan kapal.

Batu apung

batu-apung

Batu apung terbentuk oleh pembekuan dan pendinginan magma yang bergelembing-gelembung gas. Ciri-ciri batu magma seperti warnanya keabu-abuan, berpori-pori, bergelembung, ringan dan terpaung di air.

Batu apung dimanfaatkan untuk mengamplas atau menghaluskan kayu, di bidang industri digunakan sebagai bahan pengisi (filler), isolator temperatur tinggi dan lain-lain.

Basalt

batu basalt

Contoh batuan beku selanjutnya adalah basalt yang mana batu basalt terbentuk oleh pendinginan lava yanng mengandung gas tetapi gasnya telah menguap. Ciri-ciri basalat adalah terdiri atas kristal-kristal yang sangat kecil, berwarna hijau keabu-abuandan berlubang-lubang.

Batu basalt digunakan sebagai bahan baku dalam industri poles, bahan bangunan / pondasi bangunan (rumah, gedung, jembatan, jalan, dll)

Obsidian

batu obsidian

Batuan obsidian terbentuk dari lava permukaan yang mendingin dengan cepat. Batu ini memili ciri-ciri berwarna hitam, seperti kaca, tidak ada kristal-kristal.

Batuan obsidian digunakan sebagai alat pemotong atau ujung tombak (pada masa purbakala) dan bisa dijadikan kerajinan batu.

Gabro

batu-gabro

Batuan gabro terbentuk oleh pembekuan magma di dalam gunung. Batu gabro memiliki warna hitam, hijau, dan abu-abu gelap. Struktur batuan ini adalah massive, tidak terdapat rongga atau lubang udara maupun retakan-retakan. Batuan ini memiliki tekstur fanerik karena mineral-mineralnya dapat dilihat langsung secara kasat mata dan mineral yang besar menunjukkan bahwa mineral tersebut terbentuk pada suhu pembekuan yang relatif lambat sehingga bentuk mineralnya besar-besar,

Gabro biasa digunakan sebagai bahan pelapis dinding bagunan seperti marmer dinding.

Selain beberapa batu-batuan dia atas contoh batu beku lainnya adalah batuan ardesit (untuk membuat cobek, bati nisan, arca), batuan diorit (untuk ornamen dinding dan lantai, untuk hiasan), dan batuan liparit.

Demikian kumpulan contoh batuan beku yang dapat menambah wawasan pengetahuan kita.

Leave a Reply

*