Contoh Alat Musik Tradisional Indonesia

Negara tercinta kita ini, Indonesia mempunyai suku-suku yang sangat beragam. Musik tradisional di setiap daerah mempunyai ciri khas tersendiri, membuat Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan seni dan budaya.

Alat Musik Tradisional Indonesia dibedakan menjadi beberapa macam. Berdasarkan cara memainkannya alat musik tradisonal dibedakan menjadi macam-macam; alat musik dipukul, ditabuh, dipetik, ditiup dan digesek.

Alat musik tradisonal yang Dipukul/ditabuh

Gamelan

gamelan jawa
Alat musik tradisonal ini merupakan kumpulan kumpulan dari beberpa alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipukul atau ditabuh. Alat musik ini pertamakali dikembangkan di zaman kerajaan Hindu Budha yang mendominasi dalam catatan sejarah Indonesia. Alat musik gamelan dapat kita jumpai di daerah Jawa, Bali, Lombok dan Madura.

Kendang

gendang musik tradisional
Kendang merupakan alat musik tradisioal yang berasal dari jawa tengah. Cara memainkan kendang dengan ditabuh dan biasanya dimainkan dalam pertunjukan daerah seperti wayang dll,

Alat Musik Tradisional Ditiup

Triton

triton alat musik tradisional papua

Alat musik ini berasal dari daerah papua yang oleh penduduk setempat digunakan sebagai alam komunikasi. Selain itu Triton juga digunakan sebagai sarana hiburan. Cara memainkan triton dengan cara ditiup.

Alat Musik Tradisional Dipetik

Sasando

sansado rote
Alat musik ini berasal dari Pulau Rote Nusa Tenggara Timur. Cara memainkan sasando dengan dua tangan dari arah berlawanan, Kiri ke kanan dan kanan ke kiri. Tangan kiri bertugas memainkan melodi dan bas, sedangkan tangan kanan berfungsi utnuk memainkan accord.

Alat Musik Tradisional Gesek

Rebab
Alat musik ini diyakini berasal dari daerah Jazirah Arab dan dibawa masuk ke daerah Indonesia oleh pedagan Arab. Rebab terdiri dari dua atau tiga utas senar yang cara memainkannya dengan cara digesek. Alat musik rebab di Indonesia bisa anda jumpai di daerah pesisir Sumatera dan Pesisir Jawa.

 

Gambar dari: wikipedia
Contoh Alat Musik Tradisional Indonesia | posted by admin | 4.5

Komentar FB

Komentar

1 Comment
  1. 2 years ago
    okem nih bayu

    Play “Souljah – Bersamamu” Souljah

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>