Contoh Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis – Ada pembagian alat musik menjadi tiga kelompok yaitu alat musik ritmis, melodis dan harmonis. Namun kali ini yang akan dibahas adalah kategori pertama yaitu alat musik ritmis. Pengertian alat musik ritmis yaitu alat musik yang tidak mempunyai nada dan irama. Ciri-ciri alat musik ritmis ialah biasanya alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul baik dipukul dengan tangan, menggunakan alat ataupun dengan cara dikocok.

Contoh alat musik ritmis

drum rock

Kamu pecinta musik pasti dalam menikmati alunan musik ada suara alat musik yang suaranya beraturan tidak ada nada naik ataupun turun. Contohnya suara dari dram yang suaranya tidak bisa berubah-ubah seperti suara melodi gitar. Nah itu merupakan salah satu contoh jenis alat musik ritmis. Untuk lebih lengkap berikut adalah contoh alat musik ritmis:

1. Drum

Alat musik ini sering dijumpai pada pentas atau permainan musik modern. Cara memainkan dram dipukul dengan alat pemukul dram yang disebut stik.

2. Tamborin

Tamborin adalah alat musik perkusi yang dimainkan dengan cara dipukul dan digoyangkan. Sura tamborin bergemirincing karena bergoyang dan berpadu dengan suara tabuhan.

3. Rebana

Alat musik yang satu ini sering dimainkan dalam pementasan musik gambus, kasidah dan sholawatan. Rebana terdiri dari bingkai berbentuk lingkaran dan kulit kambing atau sapi yang dipasang seperti pada gendang.

4. Gendang

Tentu sudah tidak asing lagi bagi kita terutama para pecinta dangdut.

5. Triangle

Triangle merupakan alat musik yang terbuat dari besi logam berbentuk segitiga. Cara memainkannya adalah tangan kiri memegang gantungan tali, sedangkan tangan kanan memukul dengan batang pemukul dari besi.

Salah satu ciri alat ritmis memang cara memainkannya yang dipukul. Namun jangan menganggap semua alat musik yang dipukul merupakan kategori alat musik ritmis. Kolintang misalnya karena kolintang termasuk alat musik yang memiliki nada. Demikian beberapa contoh alat musik ritmis.

Leave a Reply

*