Contoh Alat Musik Harmonis

Alat musik harmonis – Penggolongan alat musik berdasakan fungsinya menjadi tiga kelompok yaitu alat musik ritmis, melodis dan harmonis. Setelah sebelumnya telah dibahas tentang alat musik ritmis dan melodis untuk yang kali ini adalah tentang alat musik harmonis.

Pengertian dan contoh alat musik harmonis

alat musik harmonis piano

Alat musik harmonis adalah alat musik yang dimainkan untuk memainkan harmoni pada suatu lagu. Ciri-ciri alat musik ini ialah bisa memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan sehingga dapat memainkan musik harmoni.

Berdasarkan cara memainkannya alat musik harmonis dapat dimainkan dengan cara dipukul, ditiup, digesek, ditekan dan dipetik.

  • Contoh alat musik harmonis yang dimainkan dengan cara dipukul antara lain: gamelan, bonang dan lain-lain.
  • Contoh alat musik harmonis yang dimainkan dengan cara ditiup yaitu: saxophone, terompet, seruling dan lain-lain.
  • Alat musik harmonis yang dimainkan dengan cara digesek adalah biola, rebab dan lain-lain.
  • Alat musik harmonis yang ditekan yaitu lain piano. Balok-balok persegi piano menghasilkan bunyi nada tertentu karena dibawahnya terdapat senar.
  • Alat musik harmonis yang dimainkan dengan cara dipetik sangatlah banya antara lain gitar, siter, kecapi dan lain-lain.

Sebenarnya ada juga yang mengkategorikan pembagian alat musik berdasarkan fungsinya menjadi dua bagian saja yaitu ritmis dan melodis. Demikian artikel tentang alat musik harmonis. Semoga menambah pengetahuan Anda dan bermanfaat.

Comments (3)

  1. ifha 12/12/2014
    • nlinta 25/11/2015
  2. Majalah Musik 28/09/2015

Leave a Reply

*