Cara ‘Memblokir’ Nomor HP penipu lewat SMS

Saat ini penipuan lewat SMS sedang sangat marak sekali. Dari puluhan juta pelanggan operator telepon tentu sudah sangat banyak yang menjadi sasaran bahkan banyak juga yang sudah menjadi korban. Para korban kehilangan sejumlah uang dan bingung untuk mencari pelakunya walaupun sudah mengadu ke kepolisian atau menghubungi operator. Penipuan via sms menjadi tindak kejahatan yang sangat empuk bagi para penjahat.

Anda jangan mudah percaya dengan SMS yang menyatakan Anda mendapat sejumlah uang atau mobil dari undian hadiah yang dilakukan oleh operator atau suatu pihak tertentu. Apalagi dengan isi sms yang mengatasnamakan mama kamu dan kemudian minta pulsa. Atau dengan pesan singkat yang isinya jika menforward SMS ke beberapa nomor pulsa Anda akan berlipat ganda atau mendapat rejeki nomplok. Jangan mudah percaya dan waspadalah.

Biasanya orang yang gaptek akan mudah percaya dengan SMS yang mengatasnamakan operator dan menyatakan memenangkan undian berhadiah yang baru saja diundi. Apalagi setelah membuka alamat website (gratisan) dan menemukan kode PIN yang diberikan. Namun sayangnya setelah menghubungi nomor telepon yang dicantumkan mengharuskan korban mengirim sejumlah uang tertentu. Banyak korban yang seakan tidak sadar menuruti perintah si penipu ketika menghubungi nomor yang tercantum di SMS atau blog gratisan tadi. Korban baru sadar ketika dirinya sudah mengirim sejumlah uang.

SMS penipuan

Okay, walaupun kita bukan orang yang mudah percaya dengan SMS begituan mari kita peduli dengan membantu memberantas penipu. Karena saat ini beberapa operator sudah menyediakan fasilitas untuk mengadukan nomor HP yang diduga melakukan penipuan. Berikut adalah caranya:

Cara mengadukan nomor HP penipu lewat SMS

1. Pengguna Telkomsel

Format SMS: penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan
Kirim sms tersebut ke nomor 1166
Contoh: penipuan#081328dst#Selamat Anda mendapatkan 1 unit mobil avanza dari telkomsel poin…..dst,

2. Pengguna Indosat

Format SMS: SMS(spasi)nomor pengirim SMS penipuan(spasi)isi SMS penipuan
Kirim nomor 726

3. Pengguna XL

Format SMS: Lapor#nomor penipu#isi SMS penipuan
Kirim ke nomor 588

KETERANGAN:
Seluruh layanan tersebut gratis, jika sudah lebih dari dua orang yang melakukan pengaduan maka nomor tersebut akan diblokir oleh operator.

Cara ‘Memblokir’ Nomor HP penipu lewat SMS | posted by admin | 4.5

Komentar FB

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>