Makanan yang banyak mengandung zat besi salah satunya adalah buah-buahan. Zat besi adalah nutrisi penting yang menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi juga membentuk zat penting dalam sintesis hemoglobin. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia. Berikut ini adalah contoh buah-buahan yang banyak mengandung zat besi yang dilansir dari magforwomen.

1. Semangka
Buah semangka kaya akan zat besi, protein, dan vitamin C serta memiliki karbohidrat dan kalium yang cukup banyak. Semangka juga merupakan pelepas rasa lapar dan haus. Buah semangka dapat anda nikmati secara langsung atau dengan mencampurnya dengan segelas es lezat.

buah kaya zat besi

2. Stroberi
Stroberi, blueberry dan blackberry merupakan buah-buahan dengan kadar zat besi yang banyak. Buah-buahan tersebut membangun kekebalan tubuh yang baik, karena merupakan antioksidan yang bagus.

3. Prune
Buah Prune (Prunus domestica or European Plum) atau yang biasa dikenal sebagai plum mengandung anti oksidan yang baik. Buah prune dapat membantu menyembuhkan sembelit dan bahkan menormalkan tingkat gula darah Anda. Buah ini juga mengandung zat besi yang tinggi, serat dan potasium.

4. Kurma
Kurma merupakan buah kering yang banyak nilai gizinya. Buah kurma juga sebagai sumber zat besi yang baik dan juga memiliki nutrisi lain seperti kalsium, magnesium, dan potasium. Buah ini juga dapat mengatasi segala penyakit pencernaan.

5. Kismis
Kismis sangat baik untuk dikonsumsi penderita anemia. Buah kismis juga dapat mengobati asidosis dan sembelit. Sertakan buah-buahan untuk makanan penutup Anda untuk menjaga tubuh anda tetap sehat.

6. Aprikot
Buah aprikot atau plum Armenia adalah sejenis spesies prem yang memiliki warna kuning oranye. Buah ini sangat cocok sebagai menu diet. Buah ini sangat kaya akan kandungan zat besi dan dapat membantu Anda tetap energik.

Buah-buahan lain yang banyak mengandung zat besi adalah anggur, nangka, pepaya dan apel. Buah-buahan juga sangat baik untuk dikonsumsi dan anda bisa memasukkannya sebagai makanan penutup setelah makan.

Artikel Menarik Lainnya

8 Manfaat Kuning Telur Untuk Kesehatan Telur merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein. Banyak yang beranggapan bahwa telur adalah makanan yang berlemak dan mengandung banyak kole...
10 Khasiat Daun Ketumbar atau Cilantro Daun ketumbar atau biasa disebut dengan cilantro banyak dikenal menjadi penyedap untuk masakan. Banyak yang belum mengetahui tentang khasiat daun ketu...
9 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Bawang putih merupakan salah satu tanaman umbi yang kita kenal sebagai bahan bumbu dapur. Namun sejak zaman dahulu bawang putih sudah dimanfaatkan dal...
10 Khasiat dan Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan Buah delima sudah dikenal sejak zaman kuno. Delima bisa dinikmati secara langsung atau dengan dibuat jus. Dibalik kelezatannya, buah delima mempunyai ...
Khasiat dan Manfaat Spirulina Untuk Kesehatan Spirulina adalah tanaman herbal yang tumbuh di air. Tumbuhan ini menjadi bahan pengobatan terutama banyak kita dijumpai di apotek dalam bentuk pil spi...