Apa Perbedaan Margarin dan Mentega?

Perbedaan margarin dan mentega – Kamu pasti sering menjumpai dan menggunakan margarin maupun mentega dalam makan kue, burger, dan beberapa olahan lain. Atau mungkin kamu bahkan membuat olahan dengan tangan sendiri yang resepnya ada mentega maupun margarin. Ini maksudnya apa ya ngomongin margarin dan mentega?

Begini sob, mentega dan margarin adalah bahan makanan yang berbeda namun kita secara sadar maupun tidak sadar sering menganggapnya sama. Kamu masih bingung juga kan apa bedanya margarin dan mentega? Berikut adalah penjelasan singkat perbedaan margarin dan mentega.

Perbedaan margarin dan mentega

Margarin vs mentega

Bahan dasar

  • Margarin dibuat dari lemak nabati dicampur dengan garam dan bahan-bahan lainnya.
  • Mentega atau butter terbuat dari lemak susu hewan yang diproses dengan bahan pendukung lainnya, seperti air, garam, dan susu. Karena terbuat dari lemak hewani, aroma mentega lebih tajam dan menggiurkan selera.

Tampilan fisik

  • Tekstur margarin lebih padat atau bisa dikatakan kaku, berwarna kuning terang, tidak mudah meleleh.
  • Warna mentega kuning pucat dan mudah meleleh. Sebagai perbandingan, mentega lebih mudah meleleh ketika dipanaskan daripada margarin.

Kemasan

  • Margarin dijual dalam kemasan mangkuk plastik atau bungkung plastik.
  • Mentega dijual dalam kemasan kertas aluminium dan bisa ditemukan di bagian bahan makanan yang didinginkan di swalayan.

Pilih margarin atau mentega?

Setelah mengetahui perbedaan maragarin dan mentega muncul pertanyaan dalam diri sobat kan. Pilih margarin atau mentega? Jawabannya tergantung kamu ingin membuat apa. Jika mau membuat kue kering yang garing sekaligus lembut, gunakan mentega. selain teksturnya lebih bagus, aromanya pun lebih harum. Lain halnya jika ingin cake, biasanya jika menggunakan mentega, hasilnya menjadi kurang maksimal karena daya emulsinya kurang baik sehingga cake tidak bisa mengembang sempurna dan mudah roboh. Tapi, jika memang harus dengan bahan mentega, tambahkan cake emulsifier supaya hasilnya lebih sempurna.

Gimana sob, sudah cukup jelas kan? Demikian sedikit ulasan tentang perbedaan margarin dan mentega yang sebenarnya sepele namun banyak yang tidak paham.

One Response

  1. Hosting 06/06/2016

Leave a Reply

*