Apa itu Zucchini? Manfaat Zucchini Untuk Kesehatan

Zucchini atau zukini adalah sejenis labu kecil yang dimanfaatkan sebagai sayuran dan biasanya dipanen buahnya sebelum matang. Kebanyakan bentuknya menyerupai mentimun namun penggunaan dan cara masaknya menyerupai memasak gambas. Zucchini hanya dapat dimakan setelah diolah dan tidak dapat dimakan segar tanpa dimasak.

Diketahu zucchini mengandung sejumlah vitamin B kompleks dan serat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berbagai penelitian dan percobaan telah dilakukan, dan berikut adalah manfaat zucchini bagi kesehatan.

Manfaat Zucchini

zucchini

1. Menurunkan kolesterol

Manfaat zucchini yang pertaman adalah untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Serat membantu bersama asam yang diproduksi oleh hati membantu mencerna lemak dalam tubuh. Kolesterol lebih banyak digunakan untuk memproduksi asam sehingga kadarnya dalam tubuh berkurang.

2. Mencegah kanker

kandunfan serat yang tinggi dalam zucchini membantu mencegah karsinogen turun di usus besar, dan karena itu membantu gerakan usus yang sehat. Selain itu, Vitamin A, C dan asam folat, yang merupakan anti oksidator kuat hadir dalam zucchini, menghancurkan karsinogen yang dapat menyebabkan berbagai jenis kanker ganas.

3. Membantu untuk menghindari serangan jantung dan stroke

Satu cangkir zucchini mengandung sekitar 10% dari kebutuhan harian magnesium yang direkomendasikan, juga membantu mengurangi kemungkinan serangan jantung dan stroke. Hal ini juga mengandung asam folat, vitamin yang menundukkan homosistein fatal, mencegah penyakit jantung dan trombosis, yaitu pembekuan darah.

4. Menurunkan tekanan darah

Manfaat zucchini selanjutnya adalah kemampuannya membantu menurunkan tekanan darah berkat kandungan kalium yang hadir bersama magnesium dalam zucchini. Oleh karena itu, kmengkonsumsi zucchini secara teratur sangat ideal untuk mereka yang menderita hipertensi, atau tekanan darah tinggi. Hal ini juga dapat membantu mencegah arteriosklerosis, suatu kondisi di mana pembuluh darah mengalami pengerasan karena tekanan darah yang terlalu tinggi.

5. Membantu menyembuhkan asma

Vitamin C ditemukan dalam zucchini, adalah antioksidan kuat dan memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu untuk menyembuhkan asma.

6. Penuh dengan nutrisi

Zucchini memiliki kandungan air yang sangat tinggi (95%), sejumlah lutein lutein yang baik untuk mata. Hal ini juga mengandung vitamin B6, riboflavin dan nutrisi mangan yang memiliki fungsi penting untuk tubuh manusia.

7. Rendah kalori

Manfaat zucchini sangat besar terutama bagi Anda yang sedang membatasu asupan kalori. Zucchini memiliki konten rendah kalori sangat berguna bagi yang sedang menjalankan program diet.

8. Mengandung beta-karoten

Unsur lain yang sangat penting bahwa zucchini mengandung beta-karoten. Vitamin ini terletak di kulit dan bagian lain sehingga untuk mendapatkan asupan yang maksimal, kulit zucchini tidak boleh dikupas sebelum memasak. Namun kebersihan tetap harus diprioritaskan sehingga pastikan Anda sudah mencuci zucchini hingga bersih.

Demikian sedikit pengetahuan tentang zucchini dan manfaat zucchini bagi kesehatan.

Leave a Reply

*