Aneka Olahan Makanan Tradisional Dari Singkong

Olahan Singkong – Biasa dikenal juga dengan ketela pohon ataupun ubi kayu, singkong merupakan tumbuhan umbi yang menjadi makanan pokok. Ketela tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Hampir semua orang pasti pernah makan singkong.

Olahan makanan dari singkong

Singkong dapat diolah menjadi berbagai aneka olahan yang menarik. Setiap daerah memiliki olahan singkong yang berbeda-beda. Makanan dari singkong seperti apa yang pernah kamu coba?

1. Getuk

getuk lindri singkong

Salah satu olahan singkong yang paling populer adalah getuk. getuk dibuat dari singkong yang dikukus lalu ditumbuk atau dihaluskan dan ditambah gula, bumbu dan juga bahan tambahan lain. Ada berbagai variasi getuk yang dapat anda temui, antara lain:

  • Getuk lindri, dibuat dari singkong, gula pasir dan vanili serta bahan-bahan lain. getuk lindri mempunyai bentuk kecil dan juga warna-warni. Diatasnya biasanya ditaburi parutan kelapa ataupun parutan keju.
  • Getuk cothot, getuk ini banyak dijumpai di daerah jawa tengah. Membuatnya cukup mudah, ketela yang sudah di masak ditumbuk hingga halus dan ditambah sedikit garam. Lalu dibentuk lonjong-lonjong dengan di dalamnya diberi gula pasir. Lalu goreng dan kebih enak dimakan saat masih panas.
  • Getuk gulung rainbow, dibuat dari bahan utama singkong, ubi jalar dan mangga. Getuk ini mempunyai tampilan yang cukup menarik.
  • Getuk trio, merupakan getuk dari Magelang dengan bentuk segi panjang kecil yang mempunyai tiga warna yaitu wana merah muda, putih dan coklat.

2. Keripik singkong

keripik singkong

Selain getuk singkong juga dapat diolah menjadi olahan makanan ringan berupak keripik. Keripik singkong mempunyai rasa yang gurih dan renyah serta harganya juga terjangkau. Berikut adalah berbagai variasi keripik singkong.

  • Ceriping, Keripik tradisional yang mudah ditemui di Jawa Tengah. Singkong yang telah dikukus ditumbuk bersama bumbu dari bawang putih, garam dan bumbu lain. Lalu digulung agar pipih dengan bambu yang berbentuk silinder (seperti membuat pangsit). Bisa dibentuk sesuai selera dan melalui proses pengeringan dengan dijemur. Proses akhir adalah digoreng dengan minyak panas.
  • Kontoler, singkong yang telah dikupas dan dicuci diiris tipis-tipis. Digoreng dengan bumbu dan dapat diberi variasi rasa seperti balado.

3. Emplek (Bakwan Ketela)

bakwan ketela

Gorengan dari parutan ketela dan parutan kelapa yang diberi bumbu agar memiliki rasa yang gurih. Bumbu dicampur dengan parutan tersebut dan ditambah irisan daun bawang. Digoreng hingga masak dan dapat untuk lauk dengan nasi seperti halnya bakwan. Kalau di Jawa Timur seperti lentho.

4. Gendolo

gendolo

Sama halnya seperti emplek dibuat dari parutan ketela dan kelapa, namun bedanya mempunyai memiliki tekstur yang lebih lembut dan rasanya yang menis. Bentuknya yang bulat biasa dinikmati selagi hangat.

5. Kolak singkong

kolak singkong

Selain itu ketela juga dapat menjadi olahan berkuah lebih tepatnya diolah menjadi kolak. Sebagai pemanis adalah gula merah atau gula jawa. Selain itu kolak ketela juga dapat dicampur dengan nangka, pisang dan bahan lain. Kuahnya juga dapat dari bahan susu.

Selain 5 olahan makanan dari singkong di atas, tentu masih banyak variasi lain makanan dari singkong. Olahan dari singkong seperti apa di daerah kamu?

Leave a Reply

*