Akhirnya Ubuntu Tersedia Untuk Smartphone

Ubuntu pada dasarnya merupakan Sistem Operasi yang digunakan terbatas untuk komputer dekstop. Akhir-akhir ini berita dari surat kabar dan media online menyeruak tentang rencana ubuntu yang akan hadir untuk versi smartphone dan tablet. Kabar ini akhirnya menjadi kenyataan setelah pada awal tahun ini Canonical secara resmi memperkenalkan sistem operasi Ubuntu versi smartphone. Canonical merupakan perusahaan yang mendistribusikan sistem Operasi Ubuntu.

Peluncuran ubuntu versi smartphone ini langsung didemokan oleh Mark Shuttleworth selaku pendiri Canonical di markas besarnya di London, Inggris. Dengan hadirnya ubuntu nampaknya membuat Apple dan Google harus siap menerima pesaing baru.

Sistem operasi Ubuntu untuk smartphone memiliki interface yang cukup menarik dengan keempat sisi layarnya dapat menampilkan ikon dan menu navigasi. Membuka dan beralih konten menjadi lebih mudah, pengguna dapat menyapu ke semua empat sisi layar untuk membuka aplikasi yang diinginkan.

smartphone ubuntu

OS Ubuntu – BeritaTeknologi

Sistem oprasi ini sudaj didukung HTML5 dengan aplikasi bawaan asli, yang akan mencakup Facebook, Twitter, Google Maps, Gmail, dan Spotify sebagai langkah awal.Tak hanya itu, pihak Canonical juga mentargetkan fungsi-fungsi dasar smartphone seperti email, SMS dan Web tersedia di dalamnya.

Sebagai tambahan Canonical juga menyediakan layanan cloud bernama Ubuntu One yang memungkinkan pengguna menyimpan data ke serveronline dan melakukan sharing, sehingga lebih mudah diakses kapan saja dan di mana saja.

Sistem operasi ubuntu pada dekstop memiliki keunggulan yaitu keamanan, sekuritas dan pengelolaan. Kemungkinan faktor plus tersebut akan dimiliki juga untuk versi smartphone.

Sistem Operasi Ubuntu ini sudah siap digunakan, dan sekarang masih menunggu ikatan kerja sama dari vendor smartphone. Saat Canonical juga sedang bekerja keras menalin kerja sama dengan vendor lain untuk menghadirkan generasi pertama smartphone ubuntu.

Leave a Reply

*