9 Manfaat Kacang Pistachio Bagi Kesehatan

Kacang pistachio merupakan salah satu jenis kacang import yang aslinya berasal dari daerah timur tengah. Anda dapat menemukan camilan kacang pistachio di supermarket tertentu.

Kacang pistachio sering digunakan sebagai isi pie, biskuit, es krim atau kue-kue. Seperti kacang almond, kacang pistachio memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah 9 manfaat kacang pistachio untuk kesehatan:

kacang pistachio

1. Mengurangi tingkat kolesterol

Kacang pistachio sangat kaya akan asam oleat, asam lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik. Asam lemak tak jenuh tunggal yang membantu dalam mencegah penyakit arteri koroner dan stroke dengan mendukung profil lipid darah yang sehat.

2. Melawan penyakit

Selama bertahun-tahun, penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa seperti karoten, vitamin E dan polifenol antioksidan hadir dalam kacang pistachio membantu dalam menghilangkan oksigen toksik radikal bebas dari tubuh. Sehinga dengan demikian kacang pistachio melindungi tubuh dari penyakit, infeksi dan kanker.

3 Memberikan kekuatan

Mereka mengandung antioksidan yang diyakini untuk menetralisir radikal bebas, yang bertanggung jawab untuk membuat sel-sel kita lemah, yang pada gilirannya melemahkan organ tubuh kita, kulit dan jaringan. Antioksidan hadir dalam kacang-kacangan ini menghentikan reaksi berantai seluler ini dan dengan demikian membantu tubuh kita melawan melemah.

4. Mengandung pelembab

Olahan kacang pistachio menjadi minyak mempunyai aroma yang enak. Minyak ini memiliki sifat penawar rasa sakit dan mempunyai ‘sejuta’ manfaat untuk kulit. Minyak pistachio dapat dapay diaplikasikan pada kulit dan wajah sebagai pelembab.

5. Mengandung lemak sehat

Banyak orang takut mengkonsumsi kacang-kacangan karena mengandung lemak. Selain tinggi kalori, kacang pistachio mengandung nutrisi yang sehat. Pistachio mengandung lemak sehat yang tidak meningkatkan kadar kolesterol. Sebaliknya, mereka mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Untuk kulit dan rambut yang sehat

Manfaat kacang pistachio selanjutnya untuk pertumbuhan kulit dan rambut yang sehat. Hal ini disebabkan krena kacang pistachio mengandung berbagai asam lemak esensial bersama dengan asam linoleat dan linolenat. Asam tersebut juga membantu dalam mengontrol tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh dan pembekuan darah.

7. Kandungan serat yang tinggi

Pistachio merupakan sumber yang kaya serat dan adalah salah satu serat teringgi dalam kacang. Kacang ini menyediakan 12% serat dari nilai harian per 30 gram porsi. Karena kita tidak mengkonsumsi bahkan 14 gram serat per 1.000 kalori yang direkomendasikan oleh ahli gizi, makan 4-5 pistachio sehari dapat membantu kita memenuhi kebutuhan makanan untuk serat.

8. Gula darah rendah

Kacang pistachio tidak hanya membuat makanan lezat dan renyah tetapi mereka sangat bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah. Manfaat kacang pistachio untuk penderita diabetes sangat besar. Mereka memperlambat penyerapan karbohidrat dalam tubuh dan dengan demikian, membantu mengendalikan diabetes.

9. Baik untuk ibu hamil

Kacang pistachio sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Kacang ini mengurangi LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh dan mereka juga mengandung lutein yang baik untuk bayi. Para peneliti telah menunjukkan bahwa ibu yang makan pistachio selama kehamilan meembantu memiliki bayi yang sehat, mengurangi mual dan kehamilan lebih sukses.

Demikian 9 khasiat dan manfaat kacang pistachio untuk kesehatan. Camilan kacang ini memang sangat sehat.

Leave a Reply

*