9 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Bawang putih merupakan salah satu tanaman umbi yang kita kenal sebagai bahan bumbu dapur. Namun sejak zaman dahulu bawang putih sudah dimanfaatkan dalam pengobatan selain untuk bumbu memasak. Sebut saja zaman penelitian yang menemukan bawang putih sudah menjadi bahan pengobatan di Mesir pada tahun 3200 SM. Lalu apa saja khasiat dibalik bawang putih? Berikut ini adalah 9 manfaat bawang putih untuk kesehatan:

Manfaat Bawang Putih

bawang putih

1. Mengobati jerawat
Jika anda memiliki jerawat, ambillah bawang putih kemudian dipotong atau dihancurkan dengan ditumbuk, lalu tempelkan bawang putih tersebut ke jerawat yang anda derita. Bawang putih mempunyai sifat antibiotik dan mengandung senyawa yang berguna membersihkan darah. Namun tidak seutuhnya dengan bawang putih tetapi anda harus melakukan pengobatan lebih lanjut.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Mengkonsumsi bawang putih membantu Anda dalam menurangi kolesterol dan tekanan darah yang selanjutnya menjaga jantung tetap sehat. Bawang putih juga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Bawang putih mempunyai sifat pembersihan yang memungkinkan untuk membersihkan arteri dan vena. Hal tersebut mengencerkan darah dan membuat aliran darah menjadi mudah.

3. Mencegah pembekuan darah
Seperti yang sudah disebutkan, bawang putih mempunyai sifat pembersihan. Makan bawang putih membantu dalam penipisan darah dengan membersihkan arteri dan vena. Darah menjadi lebih mudah mengalir. Selain itu, bawang putih juga meningkatkan produksi oksida nitrat dalam darah, yang membantu melebarkan pembuluh darah dan melarutkan pembekuan darah.

4. Menurunkan kadar kolesterol
Dalam tubuh Anda terdapat dua jenis kolesterol yaitu LDL dan HDL. Kadar HDL baik bagi tubuh, sebaliknya LDL sangat berbahaya bagi tubuh. Kadar LDL yang berlebihan dapt menimbulkan stroke dan serangan jantung. Salah satu cara untuk mengurangi kadar kolesterol jahat adalah dengan mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih mengandung allicin yang membantu dalam mengurangi kadar kolesterol.

5. Mencegah kanker
Secara alami bawang putih mempunyai sifat memerangi kanker yang sangat membantu sistem kekebalan tubuh. Bawang putih memiliki kemampuan untuk mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker usus, kanker perut, kanker pankreas, kanker prostat dan kanker payudara. Bawang putih juga dapat menghancurkan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh manusia.

6. Mencegah infeksi
Vitamin C, B6, allicin, kalium, kalsium, selenium, magnesium, dan flavonoid yang merupakan kandungan bawang putih dapat membantu melindungi dan mengobati infeksi. Komponen tersebut membunuh bakteri, jamur dan virus lainnya.

7. Mengatasi masalah tenggorokan
Berbagai masalah tenggorokan seperti batuk, sakit tenggorokan, gatal di tenggorokan dan radang tenggorokan sangat menyiksa. Jika Anda merasa gatal di tenggorokan, kunyahlah sepotong kecil bawang putih atau dapat dibarengi dengan wortel atau jus apel, jika Anda tidak ingin rasa bawang putih terlalu tajam. Bawang putih membantu mengatasi berbagai masalah tenggorokan.

8. Mengurangi kadar gula darah
Bawang putih dapat membantu dalam meningkatkan tingkat insulin dalam darah. Dengan demikian, mengkonsumsi bawang putih sangat baik bagi penderita diabetes. Bawang putih hanya membantu sehingga harus memerlukan asupan lain untuk mendapat hasil yang maksimal.

9. Mengatasi sakit gigi
Bawang putih juga mempunyai sifat analgesik, antibakteri dan anesthetizing, yang dapat membantu menyembuhkan sakit gigi. Anda dapat menuangkan minyak bawang putih pada gigi yang bermasalah untuk mengurangi rasa sakit yang menyiksa.

9 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan | posted by admin | 4.5

Komentar FB

Komentar

1 Comment
  1. 11 months ago
    Ismarzuki

    terima kasih info sehatnya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>