Manfaat vitamin D untuk kesehatan sangat banyak. Untuk gigi kuat, meningkatkatkan kekebalan dan mencegah berbagai jenis kanker. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan berbagai gangguan penyakit seperti osteoporosis, osteopenia, diabetes, hipertensi, serangan jantung, kanker payudara dan kanker endometrium.

Sumber vitamin D lebih dikenal berasal dari sinar matahari. Namun sekarang ini, jarang yang bersahabat dengan sinar matahari. Terlebih karena banyak nya isu mengenai bahaya sinar UV dari matahari, banyak yang khawatir akan sinar matahari. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D diperlukan dari sumber selain sinar matahari yaitu dari makanan. Lalu apa saja makanan yang mengandung vitamin D? Berikut adalah 9 diantaranya.

 

Makanan Yang Mengandung Vitamin D

Sumber vitamin d

1. Ikan

Ikan semacam salmon dan tuna adalah sumber vitamin D yang besar. Asupan harian ikan salmon sangat bagus dalam memenuhi kebutuhan vitamin D harian anda. Selain vitamin D ikan tuna juga mengandung kadar merkuri yang rendah sangat aman dan sehat dikonsumsi. Ikan laut juga mengandung mineral penting seperti kalsium yang sangat bagus untuk tubuh.

2. Susu

Susu juga kaya akan vitamin D. Ambillah susu sesuai selera anda, susu skim atau dalam bentuk keju.

3. Telur

Dua butir telur sehari sangat dianjurkan untuk tubuh. Karena selain kandungan vitamin D, telur jua mengandung sejumlah mineral penting dan protein yang dibutuhkan.

4. Minyak ikan cod

Minyak ikan cod sangat kaya akan kandungan vitamin D. Satu sendok makan minyak ikan cod sehari, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian kamu.

5. Sereal

Sereal adalah sarapan yang baik karena mengandung vitamin D. Saat membeli sebungkus sereal bacalah kandungan gizinya. Gandum dan kismis juga sangat bagus dalam menambah asupan vitamin D.

6. Jamur

Berbagai varietas jamur mengandung vitamin D. Jamur secara ajaib menyimpan vitamin D dari sinar matahari yang menyinarinya.

7. Keju

Sama halnya susu, keju juga mengandung vitamin D. Ada berbagai jenis keju, Keju Ricotta adalah kejua yang paling banyak kandungan Vitamin D nya.

8. Hati sapi

Selain sabagai penambah darah, hati sapi juga bagus dalam memenuhi kebutuhan vitamin D.

9. Alfalfa

Alfalfa adalah spesies tanaman yang digunakan sebagai bahan makanan ternak seperti sapi perah, kuda, doma, dan kambing. Namun alfalfa juga dikembangkan mennjadi obat untuk menyembuhkan penyakit. Alfalfa sendiri juga sudah terbukti merupakan gudang vitamin D. Vitamin D2 dan D3 ada dalam tumbuhan alfalfa.

Artikel Menarik Lainnya

8 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Makanan Untuk Ibu Hamil - Bahagia dan was-was mungkin menjadi perasaan oleh seorang ibu, terlebih itu adalah seorang wanita yang baru pertama kali ham...
Manfaat dan Khasiat Jahe Bagi kesehatan Jahe merupakan tanaman rimpang yang bisanya dimanfaatkan sebagai rempah-rempah bumbu dapur dan juga sebagai bahan ramuan dalam mebuat jamu. Bahasa lat...
6 Manfaat Kubis Bagi Kesehatan Kubis merupakan sayuran daun yang kurang disukai oleh beberapa orang. Untuk menjumpai kubis sangatlah mudah karena banyak tersedia di pasar tradisiona...
Khasiat dan Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang masih keluarga dengan kubis-kubisan. Brokoli mempunyai ciri khusus yaitu pada bagian bunganya mempunya...
5 Khasiat dan Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Apel merupakan salah satu jenis buahan yang sering dikonsumsi orang Indonesia. Buah apel sangat baik digunakan sebagai makanan penutup karena buah ini...