Segala sesuatu yang masuk dalam tubuh secara berlebihan tentu tidak baik. Termasuk alkohol yang masuk dalam tubuh. Minum minuman beralkohol atau yang sering disebut minuman keras membahayakan dan berdampak negatif bagi kesehatan.
Berikut ini adalah 9 efek yang merugikan kesehatan karena alkohol:

Efek dan Dampak Negatif Minuman Keras

 

1. Meningkatkan risiko penyakit jantung
Asupan alkohol yang berlebihan menimbulkan tekanan darah dalam tubuh. Jika tekanan darah tinggi, maka akan mempengaruhi jantung. Asupan alkohol juga mempengaruhi tingkat kolesterol baik dalam tubuh, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

2. Mempengaruhi fungsi ginjal
Asupan alkohol secara teratur mengalir dalam tubuh mengganggu fungsi ginjal normal tubuh. Alkohol memperbesar ginjal, yang mempengaruhi fungsi hormon normal tubuh. Hal ini juga dapat menyebabkan gagal ginjal.

3. Mempengaruhi hati
Hati merupakan organ tubuh yang paling dipengaruhi oleh asupan alkohol. Alkohol meningkatkan akumulasi lemak di hati. Hal ini berakibat merusak hati dalam banyak kasus. Terlalu banyak asupan alkohol juga menyebabkan sindrom lemak hati. Hal ini juga dapat menyebabkan kondisi sirosis hati.

4. Menurunkan tingkat gula darah dari tubuh
Asupan alkohol yang berlebihan juga menurunkan tingkat gula darah tubuh. Hal ini memicu diabetes. Tinggi tingkat gula darah dalam tubuh menyebabkan kerusakan saraf. Peminum berat dapat menyebabkan kerusakan saraf permanen.

5. Mempengaruhi sistem pencernaan
Asupan alkohol menyebabkan kerusakan pada lapisan internal saluran gastro. Yang pada selanjutnya menyebabkan banyak masalah yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Ini dapat menyebabkan gastritis, tukak lambung, dan kanker usus besar.

6. Mempengaruhi sistem reproduksi
Konsumsi alkohol juga menyebabkan kerusakan pada sistem reproduksi tubuh. Hal ini telah dibuktikan bahwa asupan alkohol secara tidak langsung menyebabkan infertilitas pada wanita dan impotensi pada pria. Asupan alkohol yang berlebihan juga dapat menyebabkan kondisi kanker payudara pada wanita.

7. Mempengaruhi fungsi normal otak
Alkohol secara langsung mempengaruhi sistem saraf dari otak, yang menyebabkan gangguan penglihatan dan kehilangan memori. Minum berat juga menyebabkan kondisi bicara cadel dan perilaku gangguan. Hal ini mempengaruhi kemampuan berpikir seseorang.

8. Obesitas
Alkohol jelas tidak baik untuk berat badan. Asupan kalori dengan mengkonsumsi alkohol setiap hari menyebabkan masalah seperti obesitas. Mungkin ada fluktuasi berat karena ini.

9. Mempengaruhi kulit
Yang berbahaya, konsumsi alkohol tanpa dibatasi akan merusak kulit. Terlalu banyak asupan alkohol menyebabkan lingkaran gelap dan bengkak di bawah mata. Hal ini juga menyebabkan tanda-tanda awal penuaan pada wanita.

Demikian, 9 pengaruh buruk dari alkohol bagi kesehatan yang kami lansir dari magforwomen.

Artikel Menarik Lainnya

Khasiat & Manfaat Kuaci Biji Labu Labu kuning atau yang biasa dikenal dengan waluh mempunyai biji di dalam buah yang dikenal juga dengan kuaci. Biji labu dapat diolah menjadi cemilan y...
Makanan Untuk Otot yang Sehat dan Kuat Kesehatan otot sangat penting untuk fungsi tubuh secara keseluruhan. Saat ini banyak sekali suplemen untuk otot di toko-toko dan apotek. Sebaiknya And...
9 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Bawang putih merupakan salah satu tanaman umbi yang kita kenal sebagai bahan bumbu dapur. Namun sejak zaman dahulu bawang putih sudah dimanfaatkan dal...
7 Makanan Penghilang Bau Badan Tak Sedap Bau badan tak sedap biasanya disebabkan oleh keringat yang keluar dari dalam tubuh secara alami. Keringat sendiri diatur secara alami oleh kelenjar ke...
5 Khasiat dan Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Apel merupakan salah satu jenis buahan yang sering dikonsumsi orang Indonesia. Buah apel sangat baik digunakan sebagai makanan penutup karena buah ini...