8 Cara Mencegah Rambut Rontok

Rambut merupakan mutiara bagi setiap wanita. Tak ayal kesehatan dan keindahan rambut selalu menjadi perhatian khusus bagi setiap wanita. Rambut sehat, indah dan berkilau merupakan impian bagi siapa saja.

Masalah rambut seperti rontok menjadi masalah yang dialami banyak wanita. Penyebab rambut rontok bisa karena genetik, penuaan, stres, penyakit, atau karena makanan. Namun, jangan khawatir karena rambut rontok bisa dicegah dengan beberapa hal. Berikut iti adalah 8 tips merawat rambut dalam mencegah rambut rontok.

rambut rontok

1. Cucilah rambut secara teratur
Mencuci rambut dengan sampo secara teratur membuat rambut dan kulit kepala menjadi bersih dari debu dan kotoran. Mencuci rambut secara teratur juga mencegah infeksi yang menyebabkan rambut rontok. Rambut melenting, kotor dan kusut adalah akibat dari rambut yang tidak pernah dicuci.

2. Kurangi ‘perawatan’ rambut tidak sehat
Gaya rambut indah dengan obat-obatan yang mengandung banyak kesehatan hanya akan mengakibat rambut rontok dan tidak sehat. Mengeritingkan rambut dengan roll, mengeringkan rambut dengan alat pemanas, pewarnaan rambut dengan jangka 6 – 8 minggu, atau meluruskan rambut dengan sikat merupakan kegiatan ‘perawatan rambut’ yang tidak sehat. Jadi sesudah keramas biarkanlah rambut anda mengering secara alami.

3. Hindari gaya rambut tidak sehat
Jangan mengikat rambut dengan karet terlalu ketat. Mengucir rambut gaya ekor kuda yang ketat berpotensi dapat menyebakan rambut rontok. Hindari gaya rambut dengan model anyaman ketat, baris-baris jagung, dan ekor kuda ketat.

4. Jangan menggosok dan menyikat rambut basah
Sehabis mandi hindari menggosok rambut anda dengan keras atau menyikat rambut karena dapat membuat rambut rontok. Untuk menata rambut basah anda bisa gunakan jari-jari anda. Jika ingin menggunakan sisir gunakan sisir yang agak renggang jangan yang bergigi sempit seperti kuas.

5. Gaya hidup sehat
Hidup sehat juga mempengaruhi kesehatan rambut dan mencegah rontok. Olahraga secara teratur dapat mencegah stres yang berakibat rambut rontok. Mendapatkan tidur yang cukup juga baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

6. Lakukan diet yang sehat
Jika anda sedang menjalankan program diet pastikan anda mendapat vitamin dan nutrisi dengan jumlah yang cukup agar rambut anda tetap indah dan sehat. Pastikan asupan zat besi, protein, vitamin B, C dan D, Omega-3 dan zink dalam makanan sehari-hari Anda.

7. Lakukan perawatan rambut
Merawat rambut sangat penting untuk kesahatan dan menjaga agar tidak rusak. Pijat rambut dan kulit kepala dengan minyak dan sampo dari akar hingga ke ujung. Jangan lupa membilas dengan air hingga bersih.

8. Banyak minum air
Menjaga tubuh tetap terhidrasi juga sangat baik untuk kesehatan rambut. Minumlah air setidaknya 10 hingga 12 gelas dalam sehari. Menjaga tingkat carian dalam tubuh juga mengurangi resiko rambut rontok.

Demikian 8 tips cara mencegah rambut rontok yang dilansir dari magforwomen.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.